Suara Stephen Hawking Diluncurkan ke Lubang Hitam

Suara fisikawan legendaris, Stephen Hawking, diluncurkan ke ruang angkasa setelah upacara pemakamannya Jumat, 15 Juni 2018. Lebih spesifiknya, suara Stephen Hawking diarahkan ke lubang hitam terdekat. Hawking, yang meninggal Maret lalu, menciptakan revolusi dalam pemahaman ilmiah tentang lubang hitam–dan memenangi hati orang-orang di seluruh dunia dengan sokongan ilmiahnya yang tiada henti.

Hawking dimakamkan di Westminster Abbey pada Jumat, yang dihadiri seribu anggota masyarakat umum (yang dipilih melalui sistem pengundian). Abu fisikawan ini akan dimakamkan di antara Isaac Newton dan Charles Darwin.

Photo credit: bbc.com

Suara Stephen Hawking diluncurkan ke lubang hitam

Putri Hawking, Lucy Hawking, berkata suara Stephen Hawking akan dilepaskan ke, “Lubang hitam terdekat, 1A 0620-00, yang tinggal di sistem biner dengan bintang kurcaci oranye yang biasa saja.” Lucy menambahkan, “Ini pesan tentang perdamaian dan pengharapan, tentang kesatuan dan kebutuhan bagi kita untuk hidup bersama dalam keselarasan di planet ini.”

Stephen Hawking, yang menderita penyakit saraf yang mengakibatkan kelumpuhannya, kehilangan kemampuan berbicara dengan pita suaranya sendiri puluhan tahun lalu. Sejak itu dia berbicara dengan bantuan komputer; suaranya yang terkomputerisasi menjadi jelas dan bisa segera dikenali.

Seiring teknologi terus berkembang, Stephen Hawking menolak memperbarui teknologi yang membantunya bicara, karena dia sudah sangat akrab dengan suara asli yang dia adopsi pada tahun 80-an.

Profesor Stephen Hawking meninggalkan banyak warisan untuk dunia, termasuk kata-kata motivasinya, antara lain: “Ingatlah untuk menatap ke atas ke bintang-bintang dan bukan ke bawah ke kakimu,” dan, “Seburuk apa pun kelihatanya hidup ini, selalu ada sesuatu yang bisa Anda lakukan, dan berhasil di situ. Selama ada kehidupan, ada harapan.”

(Dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here