Growing-Stevia-Plant
Sumber foto/illustration: by Keith Ward

Halo para inspirator! Selamat hari diabetes sedunia!

Hari ini adalah hari diabetes sedunia. Hal pertama yang diinget ketika bicara mengenai diabetes adalah gula. Gula merupakan pelengkap rasa makanan yang sangat penting. Rasanya ada yang kurang kalau makanan yang kita makan kurang manis. Dan hampir semua makanan (oke mungkin gak semua tapi beberapa) pasti di dalamnya ada kandungan gula, entah itu permen, kue, atau makanan lain. Gula yang sering kita makan ini adalah hasil dari kristalisasi cairan tebu. Tapi tahu gak sih inpirator? Bahwa ada satu tumbuhan yang ternyata bisa menghasilkan gula juga loh yaitu, tumbuhan Stevia. Hasil dari Stevia ini yang dapat diproses berbentuk cair atau powder. Bisa dipakai untuk membuat minuman atau makanan. Keuntungan utama lainnya adalah kandungan dari Stevia  ini ternyata 200kali lebih manis daripada gula dari Tebu

Nah, keuntungan lainnya ternyata Stevia  tidak memiliki kalori di dalamnya sehingga tumbuhan ini sangat cocok sekali untuk orang-orang yang terkena penyakit diabetes. Tumbuhan Stevia ini pertama kali tumbuh di Paraguay. Lalu dibuktikan di beberapa Negara termasuk Indonesia. Dengan keadaan alam dan kondisi tanah yang baik Indonesia dapat membudidayakan tumbuhan Stevia. Tahun 1968, Stevia sudah dibudidayakan di Indonesia. Namun saat itu pendistribusiannya masih sulit sehingga pada masa itu harga yang ditawarkan masih rendah sekitar Rp 30.000/kg. Sekarang ini pendistribusian di Indonesia masih agak kurang, di Negara lain Stevia sudah digunakan sebagai salah satu tumbuhan pengganti tebu karena manfaatnya yang dapat mengurangi jumlah pengidap diabetes.

 Bagian dari Stevia yang dapat diambil sebagai gula untuk pemanis adalah bagian daunnya. Berbeda dengan tumbuhan Tebu yang diambil batangnya saja. Bentuk daunnya yang kecil seperti daun Kemanggi ini dapat menghasilkan rasa manis yang lebih manis dari tebu.

Nah gimana inspirator? Ternyata ada tumbuhan lain yang menghasilkan gula selain tebu lho. Dan Stevia bisa dibudidayakan di Indonesia juga lho. Selain bisa menggantikan gula tebu, menggunakan gula Stevia juga bisa mengurangi pengidap diabetes. Selamat hari Diabetes sedunia!

Kontributor : Heisa Khairunisa

Editor : Christmastuti Destriyani

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@InspiratorFreak

LEAVE A REPLY