Sri Mulyani, Wanita Paling Berpengaruh dalam Perekonomian Dunia

Sri Mulyani | Sumber : thejakartapost.com

Siapa yang tak kenal dengan Sri Mulyani. Wanita kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 ini adalah salah satu tokoh ekonomi Indonesia dan juga merupakan menteri keuangan wanita pertama RI. Ia tidak hanya berprestasi di dalam negeri sendiri lho Inspirator, namun telah dikenal dan bahkan diakui oleh dunia Internasional berkat kecerdasan dan etos kerjanya yang gigih, terutama saat menjabat sebagai Direktur Bank Dunia.

Sri Mulyani merupakan lulusan Universitas Indonesia jurusan Ekonomi Program Studi Pembangunan. Sejak dulu, ia dikenal memiliki passion dalam bidang ilmu ekonomi hingga mendapat predikat sebagai lulusan terbaik di tahun 1986. Kemudian, ia melanjutkan studi program S2 setelah menerima tawaran sekolah dari University of Illinois Urbana-Champaign, Amerika Serikat dengan mengambil program Public Finance dan Urban Economy pada tahun 1988. Belum merasa cukup, Sri Mulyani pun memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya dengan mengambil program Ph.D di universitas yang sama, yaitu University of Illinois Urbana-Champaign. Untuk menambah pengalaman dibidangnya tersebut, ia juga menyambi bekerja sebagai asisten dosen statistik di kampusnya, hingga akhirnya bisa lulus program master dan doktor hanya dalam kurun waktu empat tahun.

Sri Mulyani Bersama Presiden Aquino | Sumber: worldbank.org

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Sri Mulyani pindah ke Atlanta, Georgia, untuk menjadi konsultan di US Agency for International Development. Berkat kegigihannya, pada tahun 2002, ia dipilih menjadi direktur eksekutif di International Monetary Fund (IMF), merepresentasikan 12 ekonomi negara Asia di Tenggara.

Pengalaman dan kemampuan Sri Mulyani dalam memegang tanggung jawab besar dalam meningkatkan investasi dan mengontrol perekonomian di Asia Tenggara selama masa krisis finansial pada tahun 2007 hingga 2010 ini membuat ia dipanggil untuk memimpin Bank Dunia selama enam tahun. Dan sekarang, Sri Mulyani diminta kembali ke Indonesia menempati kursi Menteri Keuangan setelah reshuffle kabinet kepemimpinan Presiden Joko Widodo tahun 2016 lalu untuk memperbaiki serta meningkatkan roda perekonomian Indonesia.

Kemampuan serta kinerja Sri Mulyani ini telah menyita perhatian dunia dan membuatnya meraih beberapa penghargaan Internasional, salah satunya Diaspora Awards dengan kategori Award for International Exellence. Majalah keuangan Hongkok, Finance Asia, juga menobatkan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan terbaik se-Asia pada tahun 2017 ini karena berhasil memperbaiki sistem perpajakan Indonesia melalui program Tax Amnesty. Bahkan, Sri Mulyani masuk dalam daftar the most powerful women in the world  menurut majalah Forbes dan menempati peringkat ke-37 yang rilis tahun 2016 lalu.

Sri Mulyani Bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla | Sumber : bbc.com

Dikutip dari Tempo.co, dalam 6 hari menjabat sebagai Menteri Keuangan, ia sudah memotong Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 133,8 triliun rupiah dan melakukan Tax Amnesty yang diharapkan mampu memperbaiki dan reformasi kebijakan perpajakan. Sri Mulyani juga memiliki harapan optimis terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia bahwa negara kita akan mencapai titik dimana perekonomian Indonesia yang terus meningkat ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan rakyat Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here