Chairil Anwar: Penyair Legendaris Indonesia
Chairil Anwar

Ada apa sih di tanggal 28 April? Hanya seperti hari biasa dari sekian banyak hari dalam satu tahun. Eits, ternyata hari ini merupakan perayaan besar bagi dunia kesusastraan Indonesia loh Inspirator. Yaitu hari puisi nasional. Dibalik hari yang bersejarah ini, ternyata tidak lepas dari peran pemuda Indonesia yang penuh kegigihan dalam berkarya yaitu Chairil Anwar.

Pada tanggal 22 Juli 2012, kurang lebih 40 penyair berkumpul bersama di Pekanbaru, Riau dan memutuskan untuk menjadikan tanggal 28 April sebagai Hari Puisi Nasional. Tanggal tersebut bukan dipilih tanpa alasan, tetapi mengacu kepada peran dan kontribusi luar biasa dari penyair legendaris Indonesia, Chairil Anwar.

Tanggal 28 April yang dianggap tidak berkesan bagi sebagian masyarakat tersebut ternyata adalah tanggal wafatnya seorang penyair terkenal dari Indonesia, Chairil Anwar. Chairil Anwar meninggal di usia yang terbilang muda yaitu 27 tahun karena penyakit TBC yang dideritanya. Untuk mengenang peran Chairil Anwar yang telah menghasilkan 96 karya dalam dunia kesusastraan inilah yang akhirnya mendorong para sastrawan Indonesia untuk memperingati hari tersebut sebagai hari puisi nasional. Gak tanggung-tanggung Inspirator, tanggal kelahiran Chairil Anwar pada 26 Juli juga menjadi salah satu hari yang diperingati dikalangan kesusastraan Indonesia, yaitu sebagai hari deklarasi puisi nasional.

Nah Inspirator! Chairil Anwar adalah sosok yang memberikan contoh kepada kita akan semangat berkarya. Meskipun Chairil Anwar telah wafat tetapi karya-karyanya tetap hidup hingga saat ini, seperti salah satu kutipan bait dalam puisinya “Aku ingin hidup seribu tahun lagi.” Ayo kita berikan karya terbaik kita untuk negeri tercinta.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

Penulis : Ryan Sucipto 

LEAVE A REPLY