Sonar, Startup Digital Big Data Indonesia Siap Ekspansi Ke Luar Negeri

Sonar, Startup Digital Big Data Indonesia Siap Ekspansi Ke Luar Negeri
Ilustrasi: socialmediaweek.org

Pemanfaatan Big Data atau jumlah data yang besar, telah banyak digunakan dalam bisnis. Salah satunya dapat menganalisa informasi dan strategi bisnis yang lebih baik. Sayangnya pemanfaatan Big Data di Indonesia kurang yang banyak tahu.

Sonar, startup bidang analitik dan monitoring media sosial serta digital Indonesia memfasilitasi perusahaan untuk mengetahui hasil riset pasar berdasarkan data yang dihimpun secara otonom.

Saat ini Sonar telah memiliki berbagai klien perusahaan ternama di Tanah Air yang membutuhkan pelayanan dibidang monitoring media digital. Bahkan startup yang baru berumur dua tahun ini akan mengembangkan bisnisnya ke Filipina, Singapura, Malaysia, dan Australia pada 2017.

Menurut Amien Krisna, Founder dan CEO Sonar, dengan bantuan Sonar, perusahaan-perusahaan bisa dengan mudah menemukan persepsi internet terhadap bisnis mereka. Selain itu bisa melakukan riset pasar langsung, dan menemukan tren yang sedang hangat dalam masing-masing industri.

Ia pun mengisahkan bagaimana pengalamannya sebagai freelance di beberapa perusahaan sangat membantunya dalam membangun agensi perancangan dan pengembangan web. Ia belajar banyak hal dalam waktu singkat, tak hanya dalam hal teknis melainkan bisnis digital yang saat itu belum terkenal.

“Saya mengumpulkan ilmu yang saya pelajari dari perusahaan-perusahaan tersebut, dan pada akhirnya mengembangkan versi awal platform Sonar pada tahun 2013,” ungkapnya seperti dikutip dari Antaranews.com.

Menghadapi pasar internasional, Sonar percaya diri berkompetisi dengan perusahaan seperti Brandtology, Radian6 milik Salesforce, dan Sysomos. Karena menurut Krisna, kelebihan Sonar adalah kemampuannya untuk beradaptasi dan memahami pasar lokal dengan lebih cepat dan efisien.

Setelah menguasai pasar di Nusantara, Sonar berencana untuk menjadi pemimpin pasar di bidang analitik data sosial di Asia dan Timur Tengah pada 2021.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here