Smesco Rembug Kopi Nusantara, Bawa Kopi Lokal Ke Pasar Global
Memiliki citarasa dan aroma yang khas, membuat kopi Indonesia tak hanya digemari penikmat kopi di nusantara tetapi sampai ke mancanegara. Melihat potensi itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM)) menggelar acara promosi bertajuk “Smesco Rembug Kopi Nusantara”, 13-15 Oktober di Exhibition Hall, Smesco, Jakarta Selatan.

Direktur LLP-KUKM, Achmad Zabadi dalam sambutannya menyampaikan, di era keterlambatan ekonomi dunia produsen kopi Indonesia berhasil masuk ke pasar global. Hingga saat ini, lanjutnya, kopi menjadi salah satu produk ekspor unggulan dan menyumbang devisa terbesar keempat.

“Salah satu indikatornya adalah adanya peningkatan mutu dari UKM, serta unik, kreatif dan sesuai dengan standar internasional.” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Smesco Rembug Kopi Nusantara, Lisa Ayodhia berharap melalui acara ini akan memberi pemahaman  tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usahanya.

“kami berkeyakinan bahwa masyarakat, kalangan bisnis, pecinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal terkait kopi, mulai dari proses penanaman, panen dan pengolahan biji kopi. Terlebih rasa dan cirri khas kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia.” Smesco Rembug Kopi Nusantara, Bawa Kopi Lokal Ke Pasar Global Acara yang telah resmi dibuka oleh Menteri KUKM ini akan berlangsung selama 3 hari. Serangkaian acara dipersiapkan, seperti talkshow, pameran produk kopi nusantara dan minum kopi gratis 1000 cup. Serta lomba kopi, diantaranya lomba roasting kopi, coffee cupping competition, public cupping bersama 100 penikmat kopi, brewing throwdown, dan battle brewing.

Acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Coffee Lover’s Indonesia, Koperasi Kopi Indonesia Sejahtera, dan para pelaku usaha dibidang kopi. Jika Inspirator salah satu penikmat kopi, jangan lewatkan event ini ya. Datang dan nikmati berbagai citarasa khas kopi nusantara.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY