Simak Dulu, Ini Hal-Hal yang Harus Dihindari Kalau Bergaul Dengan Orang Introvert

Secara umum, kepribadian manusia bisa dibagi menjadi dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Kamu juga pasti tidak asing dengan dua tipe kepribadian ini. Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung mudah bergaul dalam kelompok, senang keramaian, dan percaya diri. Sedangkan introvert biasanya lebih nyaman dengan kesendirian dan pemalu.

Coba perhatikan lingkungan pergaulanmu. Dalam pergaulan pun, kamu tidak terlepas dari dua tipe kepribadian ini. Karena semua orang tidak sama sepertimu, kamu harus berhati-hati dalam bergaul dan memperlakukan teman-temanmu. Kamu perlu tahu, apakah temanmu cenderung introvert atau ekstrovert?

Bergaul dengan orang introvert susah-susah-gampang. Kalau kamu punya teman introvert, coba hindari hal-hal yang dibenci orang tipe ini supaya pertemananmu bisa langgeng. Orang tipe introvert tidak suka kalau:

1. Disindir, “Kamu pendiam banget, sih?”

Photo: telegraph.co.uk

Tipe introvert memang lebih pendiam dan jarang memulai percakapan duluan. Jadi, kalau kamu tahu temanmu introvert, jangan menyindirnya dengan bertanya, “Ih, kamu pendiam banget, sih?”, karena dia tidak terbiasa memulai percakapan. Orang introvert pada dasarnya senang bergaul kok, hanya mereka bingung bagaimana cara memulai percakapan supaya asyik.

2. Berdiskusi dalam kelompok besar

Photo: icebreakeridea.com

Kalau ada kelompok diskusi, tipe introvert biasanya cukup kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya. Dia lebih nyaman menyampaikan pendapat secara personal ke orang yang dia percaya–supaya orang itu meneruskannya ke orang lain–daripada harus “unjuk gigi” di kelompok. Nah, kalau ada temanmu seperti ini, jangan dimarahi, ya. Coba tanyakan baik-baik dengan pendekatan personal terkait pendapat yang dia punya.

3. Dipaksa bicara di depan orang banyak

Photo: jadiberita.com

Kamu tahu temanmu introvert, tapi kamu paksa dia berbicara di depan kelas? Duh, orang introvert paling malas kalau dijadikan pusat perhatian seperti itu. Kalau dia merasa keberatan dan nggak nyaman, please jangan dipaksa, ya!

4. Diajak ke tempat ramai

Photo: the-work.co

Karena orang introvert tidak suka keramaian, sebaiknya kamu urungkan niat untuk mengajaknya ke pesta atau konser musik. Orang introvert kurang nyaman dengan situasi gaduh; kalau pun dia memaksakan diri untuk ikut, pada akhirnya dia hanya “mojok”, mengobrol dengan orang yang dikenal, setelah itu menyesal karena ikut.

Ngaku deh, kamu pernah tidak melakukan hal-hal di atas ke temanmu yang introvert? Kalau pernah, mulai sekarang cobalah untuk lebih memahami sifatnya. Jangan marah atau kesal kalau temanmu yang introvert tidak seaktif kamu. Tetapi, kalau kamu berhasil merebut hatinya dan membuatnya nyaman, orang introvert sangat asyik diajak bercerita dan berteman, lho!

Omong-omong, kamu termasuk tipe ekstrovert atau introvert, Inspirator? Kalau masih bingung, temukan jawabannya di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here