Shamma Binti Suhail Faris Al Mazrui, Resmi Menjabat Menteri Negara Urusan Pemuda Pada Usia 22 Tahun

Syed Saddiq Syed Abdul Rahman bukan satu-satunya orang termuda di dunia yang menjabat menteri. Pada Februari 2016 ada anak muda lain yang tidak kalah belia ketika diangkat sebagai menteri di negaranya. Shamma Binti Suhail Faris Al Mazrui resmi menjabat Menteri Negara Urusan Pemuda Uni Emirat Arab pada usia 22 tahun. Seperti apa sepak terjang si cantik yang lahir dan besar di Abu Dhabi ini?

Shamma adalah lulusan Sarjana Ekonomi dari New York University Abu Dhabi. Di usianya yang masih sangat muda, dia menjadi warga Uni Emirat Arab pertama yang menerima beasiswa Rhodes. Dia mendapatkan gelar master untuk jurusan Kebijakan Publik dari Universitas Oxford. Shamma memiliki pemikiran terbuka, santun, dan kepedulian sosialnya tinggi.

Shamma Binti Suhail Faris Al Mazrui, Menteri Negara Urusan Pemuda Termuda Di Dunia

Wanita cerdas ini resmi dilantik sebagai menteri negara-negara Teluk Persia ketika usianya masih 22 tahun. Tidak heran jika tahun lalu Guinness World Record 2018 menobatkan Shamma Binti Suhail Faris Al Mazrui sebagai Menteri Negara Urusan Pemuda termuda di dunia.

Menjadi jembatan antara pemerintah dan kaum muda

Shamma ditunjuk setelah Perdana Menteri Mohammed Bin Rashid Al Maktoum melemparkan tweet yang meminta universitas-universitas di Uni Emirat Arab menominasikan orang muda untuk menduduki jabatan Menteri Negara Urusan Pemuda. Saat ini Shamma adalah satu dari delapan wanita yang duduk di kabinet beranggotakan 29 orang.

Peran Shamma sebagai menteri adalah untuk menciptakan jembatan antara pemerintah dan kaum muda. Shamma akan menyampaikan masalah dan aspirasi mereka di dewan menteri. Selain itu, dia mengembangkan strategi untuk meningkatkan kehidupan pemuda dan keterlibatan mereka dalam masyarakat.

Dia juga membentuk “youth circles” yang memungkinkan pemuda untuk berpartisipasi dalam pertemuan konsultasi untuk membahas isu-isu signifikan seperti perubahan iklim dan pendidikan.

http://www.emiratespr.com/shamma-al-mazrui-among-cnbcs-top-seven-female-activists-changing-world/amp/

CNBC memasukkan Shamma sebagai satu dari tujuh “aktivis perempuan di bawah 23 tahun yang mengubah dunia”. Daftar ini dikeluarkan CNBC pada sekitar waktu yang sama dengan peringatan Hari Perempuan Internasional 2018 pada Maret lalu. Daftar ini berpusat pada tema “Press for Progress” dan mendesak wanita dari semua generasi menggunakan suara mereka untuk menciptakan perubahan di dunia.

Shamma Binti Suhail Faris Al Mazrui dan Syed Saddiq Syed Abdul Rahman membuktikan bahwa usia mereka yang masih belia bukan sandungan untuk menempati posisi di pemerintahan, yang memungkinkan mereka melakukan perubahan yang melibatkan orang muda.

Jika kamu menyimpan impian untuk melakukan perubahan dan punya ilmu politik mumpuni, jangan gentar untuk berjuang mewujudkannya meskipun usiamu relatif muda. Sekarang saatnya yang muda menggerakkan dunia, karena orang muda identik dengan ide dan kreativitas tanpa batas.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here