Setelah Asian Games, Masih Ada Asian Para Games 2018, Lho!

Photo: asianparagames2018.id | Banner Asian Para Games 2018

Pesta olahraga terbesar di Asia–Asian Games 2018–memang telah ditutup pada 2 September 2018 lalu. Namun, tahukah Inspirator bahwa pesta olahraga ini masih akan berlanjut pada Oktober mendatang? Yap, pada 6-13 Oktober 2018 nanti akan diadakan Asian Para Games yang akan dilangsungkan di Jakarta.

Memangnya, apa itu Asian Para Games?

Photo: LINE Today

Asian Para Games adalah pagelaran pesta olahraga yang diadakan khusus untuk atlet difabel atau dengan disabilitas. Tujuannya untuk memberikan ruang berkarya dan unjuk kemampuan para atlet sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri para atlet difabel. Selain itu, perjuangan para atlet difabel ini akan menajdi motivasi untuk semua penonton bahwa keterbatasan bukanlah suatu penghalang untuk berkarir sebagai seorang atlet.

Cabang olahraga yang dipertandingkan

Jika di Asian Games ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan, maka di Asian Para Games ada 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu cabang panahan, atletik, bola basket, bulutangkis, boccia, goalball, catur, judo, angkat beban, menembak, basket kursi roda, voli duduk, ten pin bowling, tenis meja, tenis kursi roda, renang, anggar kursi roda, dan dua olahraga lain yang masih menunggu kesepakatan kontrak.

Photo: SINDO news

Pertandingan olahraga Asian para Games ini akan terlihat sangat unik lho, Inspirator. Pada pertandingan badminton misalnya, Inspirator akan melihat para atlet bulutangkis akan beraksi mengejar shuttlecock dari atas kursi roda. Selain itu, di beberapa cabang olahraga juga akan memperlihatkan atlet yang bertanding di atas kursi roda, lho, seperti pada cabang panahan.

Indonesia menjadi tuan rumah ketiga

Pada Asian Para Games 2018 ini, Indonesia menjadi negara ketiga yang menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia untuk para difabel ini. Setelah sebelumnya, Asian para Games 2018 telah diadakan di Guangzhou–China, dan Incheon–Korea. Kemenpora pun menargetkan 16 medali emas untuk dibawa pulang oleh para atlet Indonesia.

Nah, Inspirator sudah siap untuk kembali menyemangati para atlet yang akan berjuang di Asian Para Games 2018, kan?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here