Serunya Residensi Bersama 12 Penulis Muda Asean di Kampung Muara
Roadshow ke beberapa tempat (Foto: Christian Senda)

Sastra itu dekat sekali dengan kehidupan masyarakat. Ya, memang benar adanya. 12 penulis muda terpilih dari  Negara-negara Asean dan Jepang membuktikannya lewat program residensi Asean Literary Festival 2016. Bagaimana serunya residensi bersama 12 penulis muda Asean di  Kampung Muara? Yuk, simak liputan Inspirator Freak di Kampung Muara, Jakarta Selatan.

  • Diskusi Berbagai Isu

Serunya Residensi Bersama 12 Penulis Muda Asean di Kampung Muara
Diskusi bersama di Rumah Muara
Para peserta menjalani sejumlah program, antara lain pemaparan akan negara asal masing-masing, berbagi ilmu dan pengetahuan khususnya dalam hal menulis karya sastra, pertukaran seni budaya, serta keahlian lainnya. Selain itu peserta residensi berdiskusi mengenai berbagai isu seperti feminisme, LGBT, dan isu hangat lainnya.

  • Bermain Dan Belajar Bersama Anak-Anak Kampung Muara

Serunya Residensi Bersama 12 Penulis Muda Asean di Kampung Muara
Membuat Origami dipandu Akina Shu, peserta dari Jepang
Tidak cuma sharing dan diskusi, peserta residensi juga mengajak anak-anak kampung muara bermain dan belajar bersama mereka. Mulai dari membuat origami, menggambar manga, maupun belajar bahasa Negara peserta residensi.

  • Panggung Kampung Malam

Serunya Residensi Bersama 12 Penulis Muda Asean di Kampung Muara Panggung kampung malam adalah salah satu yang paling ditunggu warga Kampung Muara, khususnya anak-anak. Di panggung kampung, ada pementasan kesenian seperti marawis, membaca puisi, menari dan dongeng dari peserta residensi, bermain permainan tradisional dan beberapa keseruan lainnya.

  • Roadshow

Serunya Residensi Bersama 12 Penulis Muda Asean di Kampung Muara
Roadshow ke beberapa tempat (Foto: Christian Senda)
Ke-12 penulis muda Asean mengikuti serangkaian roadshow ke Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka (Uhamka), Universitas Indonesia, Sekolah Dasar (SD) di Kampung Muara dan Bens Radio. Ridhwan Saidi, peserta residensi dari Malaysia mengungkapkan kegembiraanya ikut serta dalam Program Asean-Japan Residency. Menurutnya, program residensi dapat mengakrabkan hubungan antar negara-negara Asean. “Indonesia menjadi titik awal saya untuk lebih mengenal dan dekat dengan negara-negara Asean lainnya. Saya pun mengenal teman-teman peserta sehingga itu memudahkan saya ketika pergi ke negaranya.” Tambah penulis dari tujuh buku ini. Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis : Ifa Ikah Editor   : Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

 

LEAVE A REPLY