Serunya Presiden Jokowi Jawab Pertanyaan Anak-Anak Muda tentang Musik dan Industri Kreatif via Youtube

Presiden Jokowi memang merupakan seorang presiden yang bisa dibilang sangat “kekinian” dan melek teknologi komunikasi dan informasi khususnya menyangkut media sosial untuk berbagi hal-hal positif tentang Indonesia. Kali ini lewat sebuah video Jokowi Menjawab Episode 1, Jokowi menjawab beberapa pertanyaan dari anak muda rentang usia 13-20 tahun tentang musik dan industri kreatif.

Pertanyaan pertama datang dari Evan Sihombing (14 tahun) yang menanyakan sebagai penggemar berat Metalica, album favorit dan lagu favorit apa yang disukai oleh Jokowi.

“Metalica yang album Master of Puppets misalnya. Disitu banyak yang bagus-bagus. Mungkin di albumnya yang One itu juga bagus-bagus,” ujar Jokowi.

Meskipun Jokowi mengakui bahwa ia adalah penggemar berat Metalica, Lamb of God, Scorpions hingga Gun N Roses, ia kini lebih menggemari musik-musik dalam negeri seperti Slank dan Burgerkill. Bagi Jokowi, lirik-lirik yang dihasilkan oleh Slank memuat pesan-pesan positif yang memberikan rasa semangat dan optimisme bangsa untuk maju.

Sementara di sisi lain, Burgerkill dinilai Jokowi memuat pesan-pesan dimana pun posisi kita saat ini mulai dari menjadi ketua OSIS, ketua RT hingga Presiden pun perlu bertanggungjawab terhadap kepemimpinannya, mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Presiden Jokowi pun menyampaikan hal menarik jika menikmati musik jangan hanya sekadar mendengar alunan musiknya saja melainkan juga memetik pesan-pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Pada sesi pertanyaan kedua dari Rangga Wiguna (18 tahun), Jokowi ditanya “Jika dulu bapak jadi musisi metal, apakah bapak akan terjun ke dunia politik?”. Presiden ke-7 ini langsung tertawa dan mengingat masa lalunya jika seandainya memiliki sebuah band, ia mau menjadi drummernya.

Jokowi menyampaikan, semua orang berhak berpolitik, namun ia mengingatkan berpolitik harus dijadikan sebagai sebuah panggilan hidup untuk bekerja dan mengabdi demi bangsa dan negara disertai dengan mimpi dan visi-visi yang besar.

Setelah asyik berbicara soal musik rock, Jokowi mendapat pertanyaan dari seorang anak perempuan bernama Laras Kinanti (13 tahun) tentang minimnya lagu anak-anak dan lagu perjuangan baru sekarang ini. Jokowi mengharapkan bahwa anak-anak muda harus memanfaatkan industri kreatif untuk bekarya, termasuk dalam menciptakan lagu-lagu untuk anak-anak tentang betapa besar dan kayanya Indonesia.

Pertanyaan yang kurang lebih sama juga diajukan oleh Kevin dan Adinda, apa yang bisa dilakukan oleh siswa SMA untuk bisa berkontribusi bagi Indonesia khususnya di bidang industri kreatif?. Jokowi pun menjawab industri kreatif memiliki peluang yang sangat besar untuk dimanfaatkan oleh anak muda Indonesia.

“Peluangnya besar sekali, bukan hanya menciptakan lagu-lagu tapi juga video, film, animasi, fashion, aplikasi, desain produk, banyak sekali yang bisa dimasuki. Indonesia bisa memanfaatkan digital ekonomi yang peluangnya itu 130 miliar US Dollar. Besar sekali,” ujar Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here