Serunya Menikmati Wisata Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi, tempat budidaya ulat sutra di Bandung | Sumber: Kagum Hotels.com

Kain sutra identik dengan kualitas bahannya yang lembut, halus, serta berkualitas. Harganya memang cenderung lebih tinggi dibanding jenis kain lainnya.  Namun, hal ini  dikarenakan kualitasnya  berbeda dari jenis kain lainnya. Bahan baku kain sutra bukanlah dari kapas, melainkan dari ulat sutra. Proses pembuatannya membutuhkan proses yang cukup lama dan rumit. Sayangnya, banyak yang belum mengetahui bagaimana proses pembuatannya. Apalagi di Indonesia, budidaya ulat sutra jumlahnya tidak banyak. 

Ulat-ulat sutra

Jika berkunjung ke Bandung, ada tempat budidaya ulat sutra bernama Padepokan Dayang Sumbi yang kini juga menyediakan paket wisata ilmu ulat sutra. Sangat cocok buat memenuhi rasa ingin tahu Inspirator lebih mendalam tentang ulat sutra. Padepokan ini berada di Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kp. Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Jawa Barat.

Ulat-ulat sutra yang sedang makan daun murbei

Saat baru datang, mula-mula pengunjung akan menyaksikan film tentang ulat sutra beserta penjelasannya. Setelah asyik menonton, kita bisa melihat ulat-ulat sutra tersebut secara langsung. Mereka dibudidayakan di dalam suatu kotak yang berisi daun murbei untuk dimakan. Satu kotak bisa berisi ratusan ulat sutra.

Selama berproses, dari mulut ulat-ulat itu akan keluar serat-serat yang membentuk kepompong yang keras. Serat kemudian diuraikan dan dipintal. Tapi sebelumnya kepompong harus direbus terlebih dahulu. Satu kepompong bisa menghasilkan serat hingga ribuan meter, loh!

Kepompong-kepompong yang berasal dari ulat sutra

Di Padepokan Dayang Sumbi, terdapat pula mesin-mesin penenun kain. Selain memanfaatkan benangnya untuk jadi kain sutra, kepompong-kepompong yang masih keras juga dikreasikan menjadi beraneka ragam bentuk, seperti bunga, boneka, dan sebagainya. Usai melihat proses pembuatannya, pengunjung diajak untuk berkreasi membuat boneka dari kepompong. Sementara bagi yang ingin membeli hasil kerajinan dari kepompong, telah disediakan toko suvenir.

Mesin-mesin penenunn benang sutra untuk dijadikan kain
Boneka yang terbuat dari kepompong

Seru kan? Buat yang penasaran, langsung aja datang ke Padepokan Dayang Sumbi. Harga paket per orangnya adalah Rp. 85.000 dan untuk kunjungan harus melakukan reservasi terlebih dulu paling lambat H-2 ke nomor kontak 081320038686. Untuk grup di atas 10 orang disediakan paket khusus. Waktu kunjungan hari Senin-Minggu dibagi menjadi dua sesi. Sesi 1 pukul 09.00-11.00 dan Sesi II: 12.00-14.00. Khusus hari Jumat, sesi II akan dimulai pukul 12.30. 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here