Sering Minum Air Es Bikin Perut Buncit–Mitos atau Fakta?

Sering Minum Es Bikin Perut Buncit--Mitos atau Fakta? | Foto: http://sajiansedap.grid.id/
Foto: http://sajiansedap.grid.id/

Inspirator pernah mendengar pernyataan sering minum es bikin perut buncit? Lantas, bagaimana reaksimu? Kamu jadi percaya dan khawatir dengan pernyataan itu atau justru tetap santai minum air es? Nah, artikel ini akan menjawab isu tersebut, sering minum air es bikin perut buncit–mitos atau fakta?

Kata banyak orang…

Related image
Foto: https://www.roastbrief.com.mx/

“Hati-hati, jangan sering-sering minum es, nanti perutmu buncit, lho!” Mereka mengatakan ini karena menurut kepercayaan umum, es batu bisa menggumpalkan lemak dalam darah sehingga air menjadi sulit dicerna. Akibatnya, perut pun membuncit. Ada juga yang mengatakan jika uap es dari minuman yang dikonsumsi seseorang akan mengendap di perut sehingga perut orang itu terlihat lebih buncit.

Kenyataannya… MITOS BELAKA, tuh!

Individu perlu mengonsumsi air yang cukup, yang jumlahnya tergantung kebutuhan tubuh orang itu. Katanya sih, setiap orang dewasa harus minum air putih dua liter atau sekitar delapan hingga dua belas gelas sehari–mitos atau fakta, ya?

Dengan minum air, justru perut seseorang seharusnya tidak terlihat gendut karena membuat orang merasa kenyang, sehingga hasrat untuk makan pun berkurang. Air yang dikonsumsi seseorang bisa berasal dari air hangat maupun air dingin.

Berapa pun suhu air yang dikonsumsi seseorang, sistem pencernaan akan menetralisir suhu air yang diminumnya. Jika airnya dingin, akan disesuaikan menjadi suhu normal, begitu juga dengan air hangat. Air dingin atau air hangat yang diminum akan ditampung dulu di lambung selama kurang lebih setengah jam. Untuk menyesuaikan air dingin hingga suhunya menjadi normal, suhu tubuh meningkat. Selama proses ini, tubuh membakar sebanyak 74 kalori ketika seseorang minum dua liter air es sehari. Setelah itu, air dengan suhu sudah sama dengan suhu tubuh ini diarahkan ke usus. Jadi sebenarnya, tidak mungkin air es bisa menggumpalkan lemak dalam darah.

Related image
Foto: https://doctor.ndtv.com/

Beda halnya jika air es sudah bercampur dengan gula

Jika kandungan gula yang dikonsumsi lebih dari jumlah yang dibutuhkan tubuh, tidak heran jika berat badan seseorang bertambah dan menyebabkan perutnya membuncit.

Sekarang, Inspirator sudah tahu kan, pernyataan “sering minum air es bikin perut buncit” itu mitos atau fakta?

Lalu berapa banyak konsumsi air putih harian untuk menjaga kesehatan tubuh kita? Selama ini banyak orang percaya bahwa orang dewasa sebaiknya minum air putih delapan gelas sehari–mitos atau fakta?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here