Saat membeli ponsel, kamu pasti mendapatkan kabel pengisi daya alias charger. Biasanya, kamu mendapatkan kepala dan kabel charger dengan ukuran dan bentuk tertentu.

Nah, banyak orang sering memperlakukan charger ponselnya dengan sembarangan. Ini menyebabkan charger bawaan ponsel jadi tidak awet, mudah rusak, sehingga kamu harus merogoh kocek lagi untuk membeli yang baru. Padahal, harganya tidak murah untuk jenis yang asli.

Sebelum hal itu terjadi, kamu sebaiknya tahu trik merawat kabel charger supaya awet.

1. Jangan tarik kabel dengan kasar

Photo: sutterstock.com

Setelah baterai selesai diisi, segera lepaskan kabel dari slot di ponsel dengan lembut. Hindari menarik kabel secara kasar dan terburu-buru.

2. Gulung kembali kabel dengan rapi

Photo: instagram @kelontongunikofc

Setelah selesai dipakai, gulung kembali kabel charger dengan mengikuti pola melingkar. Hindari melilitkan kabel di kepala charger dan menekuk kabel secara ekstrem.

3. Pakai kabel dan kepala charger yang sesuai dengan merek ponsel

Photo: indonetwork.co.id

Sering nih, kamu meminjam pakai kabel milik teman yang merek ponselnya berbeda. Memang, saat ini ada kabel dan kepala charger yang cocok digunakan untuk berbagai merek ponsel sehingga bisa dipakai bergantian. Tetapi, hindari hal ini kalau ingin ponselmu lebih awet karena setiap ponsel punya daya berbeda.

4. Lilitkan kabel dengan benda yang aman

Photo: instagram @belabeli88

Saat ini banyak tersedia pelindung kabel charger yang bisa kamu dapatkan di toko online atau offline. Fungsinya supaya kabel charger terhindar dari gesekan dengan benda lain yang bisa membuat kabelnya rusak atau terkelupas. Selain itu, kabel charger-mu juga tampak stylish karena motif dan warna pelindung kabel charger yang beragam.

5. Simpan charger di tempat khusus

Photo: bukalapak.com

Biasakan menyimpan charger di kantongan atau pouch berbahan kain. Gunanya supaya charger-mu tidak tergeletak di sembarang tempat. Kalau ditaruh sembarangan, bisa jadi charger-mu tertindih benda lain, kabel charger menjadi kusut dan tersangkut ke mana-mana. Dengan menaruhnya di kantongan, akan menjadi lebih rapih.

Jangan sepelekan lima trik mudah untuk merawat kabel charger ini ya, Inspirator. Mulai sekarang, kamu harus pandai-pandai merawatnya supaya lebih awet. Jadi, tidak perlu khawatir cepat rusak dan bikin keuanganmu jebol karena harus ganti baru.

Baca juga: Trik Cerdas Hemat Baterai Smartphone

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY