Sering Disepelekan, 5 Tips Magang Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Lulus

Sumber: pexels.com

Inspirator, kalau sudah di semester akhir, kamu pasti sedang disibukkan dengan urusan magang dan tugas akhir. Ya, untuk mahasiswa tingkat akhir, magang menjadi syarat kelulusan untuk bisa mengikuti wisuda. Namun, pernahkah kamu merasa takut atau cemas menghadapi magang ini? Memang, magang dan berkuliah akan terasa sekali perbedaannya.

Kalau kamu sedang mengalami hal tersebut, coba terapkan 5 tips magang berikut ini supaya magangmu berjalan lancar, Inspirator.

Kenali perusahaan

Sumber: pexels.com

Ini hal pertama yang harus kamu ketahui. Cari informasi terkait perusahaan yang ingin dituju. Setiap perusahaan punya tata cara kerja yang berbeda dan harus kamu pahami.

Menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan

Sumber: pexels.com

Tips ini masih berkaitan dengan poin pertama. Setelah kamu mengenali perusahaan yang kamu tuju, kamu juga harus gali informasi lebih dalam terkait budaya perusahaan–pakaian yang dipakai, kode etik, dan sebagainya.

Disiplin dan menjaga etika

Sumber: pexels.com

Kalau kamu sudah terbiasa disiplin saat kuliah, pasti kamu tidak akan kesulitan lagi saat harus disiplin di lingkungan kerja. Walau mungkin akan berbeda dengan lingkungan kuliahmu, kamu tetap harus menjaga etika dan disiplin dalam pekerjaanmu ya, Inspirator.

Jangan sungkan bertanya

Sumber: pexels.com

Nah, ini juga tidak kalah penting. Kalau ada hal yang tidak kamu ketahui, segera tanyakan pada rekan kerja yang lain. Jangan langsung mengambil keputusan sepihak ya, dan coba terbukalah dengan saran dari orang lain.

Bersikap profesional

Sumber: pexels.com

Lakukan tugasmu secara profesional. Kamu pasti akan melakukan kesalahan, namun jangan ragu untuk mengakuinya dan segera perbaiki kesalahan tersebut. Kalau kamu sudah bisa bersikap profesional, siapa tahu kan, tempat magangmu itu malah memberimu kesempatan untuk menjadi karyawannya?

Nah, itu dia 5 tips magang yang bisa kamu terapkan. Semoga kamu tidak kebingungan lagi ya saat harus magang. Jangan khawatir atau takut, karena kamu pasti bisa melaluinya! Terakhir, senantiasa berdoa untuk kelancaran magangmu, karena doa adalah obat paling mujarab yang bisa menyembuhkan segala ketakutanmu.

(Sumber: IDN Times)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here