Scientia Square Park

Tahun 2014, John Favreau director dari serial film Iron Man ngeluarin sebuah film komedi drama yang dimainkan oleh dirinya sendiri yang berjudul Chef. Film ini menceritakan mengenai kehidupan seorang Chef terkenal yang akhirnya memilih berjualan Cubanos sandwich dengan menggunakan food truck. Tak disangka dengan menggunakan social media, food truck nya menjadi terkenal dan selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Mungkin adanya film ini turut memberikan inspirasi bagi sebagian orang di Indonesia untuk mengadopsi hal serupa.

sumber : www.fastcocreate.com
sumber : www.fastcocreate.com
Sebetulnya konsep food truck sudah ada dari tahun 1800’an di Amerika, tepatnya di Texas. Dulu belum ada mobil, maka yang digunakan adalah kereta dan namanya chuckwagon. Nah lambat laun ternyata konsep ini diadopsi sebagai mobile canteen bagi tentara Amerika di medan pertempuran. Memang konsep food truck ini sangat membantu karena memasak makanannya bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.
sumber : wikipedia
sumber : wikipedia
Nah sebetulnya kalau diperhatikan, di Indonesia sendiri sudah banyak pedagang makanan yang berusaha untuk mengadopsi “kantin berjalan” ini. Namun jelas untuk membeli dan memodifikasi sebuah truk membutuhkan biaya investasi yang besar, maka motor atau juga sepeda yang dijadikan sebagai alat untuk berjualan. Kalian pasti pernah lihat abang jualan hamburger di sepeda atau abang pempek di atas motor? Nah kendaraan mereka sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa untuk memasak dan berjualan. Tapi yang ada di Summarecon Digital Center bukan abang-abang sepeda seperti itu, disini beneran mobil dan truk.
Penjual hamburger keliling
Penjual hamburger keliling
Food Truck Festival Digitalicious 2015 ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh Summarecon Digital Center dan mulai dari tanggal 27 Maret 2015 sampai tanggal 5 April 2015 yang lalu. Sebelumnya event serupa juga pernah diselenggarakan pada tanggal 5-7 Desember 2014 di tempat yang sama. Pada event kali ini bisa dibilang komplit dengan diikuti oleh para jawara dan langganan food truck Indonesia. Sebut saja Fat Belly, Taco Truck, Street Ramyun, Gusto di Combi, The Roffie, Kai Pacifica, Telap Telep, Pink Kitchen, Jakarta Food Truck, Amerigo, Dozo, Tabanco, Foodstop Indo, Pasta di Combi, Bubur Monas dan masih banyak lainnya. Di sini para pengunjung bisa mencicipi berbagai macam aneka makanan khas dari beberapa negara mulai dari masakan Indonesia, Korea, Jepang, Amerika, Mexico, Mediterania, dan dari daerah lainnya. food-576x1024 Acara ini cukup menarik minat para pengunjung untuk mencoba mencicipi makanan yang diolah dari food truck. Hal ini dapat dilihat dari ramainya pengunjung setiap harinya bahkan ada yang rela mengantri hingga 1 jam untuk mendapatkan burger hitam yang lagi naik daun dari Fat Belly. Yang tidak kalah menariknya juga adalah Gusto di Combi yang menawarkan makanan baberque ala mediterania. Disini antrian juga cukup panjang, mungkin para pengunjung penasaran dengan makanan ala mediterania yang dimasak langsung oleh bule (orang mediterania nya langsung).
Yang masak langsung dari Mediterania
Yang masak langsung dari Mediterania
Proses memasak di dalam truck
Proses memasak di dalam truck
Beef Udon dari FoodStop Indo
Beef Udon dari FoodStop Indo
Mie goreng Jawa di Food Truck SDC 2015
Mie goreng Jawa di Food Truck SDC 2015
Fratty Burger ala Fat Belly
Fratty Burger ala Fat Belly
Menu andalan utama dari Gusto di Combi, makanan ala Mediterania
Menu andalan utama dari Gusto di Combi, makanan ala Mediterania
Hal yang menarik dari Food Truck Festival Digitalicious 2015 adalah tidak hanya diisi oleh makanan-makanan yang dijual dengan food truck tapi ada juga booth masakan tradisional Indonesia seperti sate ayam, nasi ulam, kue cubit green tea, mie goreng jawa, jagung bakar dan masih banyak lainnya. Tentu saja juga dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan makanan yang dibeli dari food truck. Kemudian ada juga mini bazar yang menjual berbagai macam produk-produk menarik untuk para pengunjung. Mulai dari baju, aksesoris HP sampe ke vaporizer ada di jual disini.
Mini Bazar di Food Truck SDC
Mini Bazar di Food Truck SDC
Di samping itu yang cukup menarik perhatian adalah adanya movie truck pada event ini. Yes, ternyata gak cuma makanan aja yang dijual tapi juga ada mini bioskop 5D. Nah kebayang gak tuh kalau 4D aja udah keren apalagi kalau 5D (gak tahu deh kelebihan dimensinya ada di sebelah mana hahaha). Tapi kalau untuk sekelas sebuah simulator dan itu berada di dalam sebuah truk, maka yang ada di SDC udah cukup luar biasa. Jadi sehabis makan bisa nonton film 5D di dalam truck.
Movie Truck 5 Dimensi
Movie Truck 5 Dimensi
Suasana semakin meriah karena setiap malamnya ada hiburan live music dan juga penampilan dari Im Robot beserta DJ-Dj papan atas Indonesia. Gak hanya itu, pihak panitia juga turut ngundang beberapa artis seperti DJ Yasmin, Aron Ashab, Homogenic dan masih banyak lainnya. Inilah menariknya wisata kuliner di Food Truck Festival Digitalicious 2015. Tidak hanya bisa menyantap makanan yang diolah di food truck tapi dari lokasinya juga udah keren banget buat kita datengin. Yep, Summarecon Digital Center merupakan tempat nyari gadget dan barang-barang elektronik paling lengkap di wilayah Tangerang. Semua brand-brand besar dapat dengan mudah ditemukan disini. Lokasinya ada di sebelah persis dari Universitas Multimedia Nusantara. Bahkan sekarang sudah ada banyak feeder bus shuttle yang memudahkan pengunjung untuk pergi ke SDC. Serunya lagi, kalau event Food Truck Festival Digitalicious 2015 nya udah lewat, jangan khawatir karena di dalam area Summarecon Digital Center punya banyak tempat makan. Kalau gak mau sekedar makan dan belanja, kita bisa pindah ke Scientia Square Park yang berada 1 area dengan Summarecon Digital Center Gading Serpong. Di sini ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung mulai dari panjat tebing, olah raga street work out, main mobil remote control, skateboard, bahkan sampai menanam padi.
Scientia Square Park
Scientia Square Park
So walau event Food Truck Festival Digitalicious 2015 gak ada salahnya kalian coba main-main ke Summarecon Digital Center dan Scientia Square Park. Bisa kulineran, belanja, sambil jalanin hobby semuanya di dalam 1 tempat.   Keep Breathing, Keep Inspiring! @InspiratorFreak

SHARE
Previous articleKoko Cici Jakarta 2015 Terpilih Siap Berbakti Untuk DKI Jakarta
Next articleYoung on Top National Conference 2015 is Back!!!
Passionate banget untuk sharing hal-hal positif ke anak muda Indonesia dan saat ini sedang berjuang untuk membesarkan InspiratorFreak.com. Jadi mentor juga di Young on Top Campus Ambassador

LEAVE A REPLY