prosthetis
Foto: Instagram.com/alleles

Menghadapi kenyataan sebagai penyandang disabilitas bukan hal yang mudah untuk diterima. Apalagi banyak yang menganggap mereka adalah orang-orang  yang tak bisa mandiri dan selalu bergantung pada orang lain. Tak hanya stigma, beban psikologis pun acapkali mereka terima.

Namun kehilangan anggota gerak tubuh seperti tangan dan kaki tak membuat mereka kehilangan semangat untuk tetap melanjutkan hidup. Bahkan tak sedikit dari mereka hidup secara mandiri dan berprestasi . Selain semangat dan dukungan orang terdekat, ternyata adanya alat bantu gerak tiruan atau prosthesis memudahkan mereka dalam beraktivitas.

Alat ini banyak digunakan oleh penyandang disabiltas di kalangan atlet, model, artis hingga masyarakat umum. Seiring berkembangnya mode dan tingginya kebutuhan akan alat ini, seorang perancang mode dan arsitek pun mendesain cover prosthesis khusus untuk membuat mereka lebih percaya diri dan fashionable.

Adalah Mccauley Wanner (fashion blogger) dan Ryan Palibroda (arsitek), duo penggila seni asal Kanada yang terinspirasi untuk membuat cover prosthesis yang artsy. Keduanya pun mendirikan Studio Alleles yakni toko yang khusus menyediakan cover prosthesis dengan desain yang unik, cheerfull dan fashionable.

“Dengan cinta untuk membuat sesuatu, saya dapat mengubah prosthesis yang klinis menjadi sesuatu yang fantastis. Saya bisa membuktikan setiap hari bahwa fashion adalah kehidupan yang berubah, tidak sembrono.” Tulis Mccauley Wanner dalam Blog Alleles.

“Saya bisa membuat seni untuk memecahkan masalah yang mempengaruhi orang setiap hari. Dan di Studio Alleles, saya bisa menjadi bagian dari gerakan dan style dengan membawa sedikit desain, sedikit teknologi, dan banyak hati ke tubuh manusia.” Tambah Ryan Palibroda.

Cover  prosthesis terbuat dari jenis plastik ABS yang tahan lama, ringan, fleksibel, mudah dibersihkan, dan mudah dimodifikasi. Selain menyediakan cover dengan aneka pilihan desain, Studio Alleles juga menerima desain custom.

“Kami seniman, bukan prosthetists. Kami adalah tim pecandu mode, sangat terobsesi dengan desain. Dan saat kami memulai studio Alleles, kami mencoba memecahkan masalah style. Bukan anggota badan. Dalam industri yang jenuh dengan estetika robot dan kontur kikuk, cover prosthesis  kita berupaya mengubah sesuatu yang mekanis menjadi sesuatu yang mechani-chic.”

Seperti apa cover prosthesis yang mechani-chic? Langsung aja cek foto-foto yang diambil dari Instagram Studio Alleles di bawah ini.

Foto: Instagram.com/alleles
Foto: Instagram.com/alleles
Foto: Instagram.com/alleles
Foto: Instagram.com/alleles
Foto: Instagram.com/alleles
Foto: Instagram.com/alleles
Foto: Instagram.com/alleles

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY