Sempat Ganti Nama, Begini Sejarah Munculnya Asian Games

Photo: asiangames2018.id

Asian Games 2018 akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Tapi, apakah Inspirator sudah tahu seperti apa sejarah munculnya Asian Games ini?

Sejarah Asian Games

Photo: google

Mulanya, Asian Games bernama Far Eastern Championship Games. Kompetisi olahraga ini hanya diisi oleh tiga negara saja, yaitu Kerajaan Jepang, Kepulauan Filipina, dan Republik Tiongkok. Namun, kompetisi yang terbentuk tahun 1917 ini ternyata tidak berumur panjang karena tahun 1983 Far Eastern Championship Games resmi dihentikan. Hal ini terjadi karena Jepang melakukan penyerangan terhadap Republik Tiongkok serta mengambil wilayah Kepulauan Filipina.

Selama adanya kejadian tidak menyenangkan tersebut, kompetisi ini tidak pernah diselenggarakan lagi. Hingga setelah pasca perang dunia kedua, kompetisi sejenis mulai digaungkan lagi.

Banyak negara kecil di Asia yang merdeka

Faktor utama yang menyebabkan ide pembuatan kompetisi olahraga antarnegara Asia kembali hadir yaitu setelah banyak negara kecil di Asia yang mendapat kemerdekaannya. Ide utama kompetisi ini adalah persaingan antarnegara Asia melalui sportivitas, bukan untuk saling unjuk kekuatan dengan kekerasan.

Ide briliant tersebut dituangkan oleh Guru Dott Sondhi pada penyelenggaraan Olimpiade 1948, yang langsung disepakati oleh seluruh perwakilan negara Asia lain.

Pada Februari 1949, Asian Games Federation terbentuk dan menetapkan bahwa Asian Games akan terselenggara setiap empat tahun sekali. Akhirnya, pertandingan olahraga antarnegara Asia tersebut diselenggarakan di New Delhi–India pada 1951. Ajang Asian Games pertama kali ini dikuti oleh 11 negara di Asia, dan Jepang berhasil menjadi juara umum pada Asian Games edisi perdana.

Photo: sportourism

Perjalanan penyelenggaraan kompetisi olahraga terbesar di Asia ini memang penuh liku, namun kini Asian Games menjadi salah satu kompetisi olahraga antarnegara Asia yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat di benua Asia.

Menjadi ajang empat tahun sekali

Kini, Asian Games menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap empat tahun sekali. Tahun ini, akan menjadi penyelenggaran Asian Games yang ke-18. Dan, hanya dua ngara yang pernah menjadi juara umum Asian Games–Jepang dan Tiongkok. Selama 8 kali gelaran perdana Asian Games, Jepang yang ke luar sebagai juara umum, sedangkan Tiongkok berhasil menggantikan posisi Jepang selama 9 kali berturut-turut setelahnya.

Pada gelaran yang ke-18 ini, kira-kira siapa yang akan ke luar sebagai juara umum, ya? Kita doakan semoga Indonesia dapat ke luar sebagai juara umum. Kali ini mari kita beri dukungan untuk para atlet agar bisa menjadi juara umum untuk pertama kalinya sepanjang sejarah!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here