Selamatkan Satwa Liar Dari Kepunahan, Ini Yang Dilakukan Petani Kacang Asal Kenya

Foto: Thedodo.com
Foto: Thedodo.com

Kekeringan akibat pemanasan global melanda sejumlah negara di Afrika, salah satunya Kenya. Taman Nasional Tsavo barat, menjadi lokasi yang tak luput dari dampak pemanasan global. Lahan di kawasan konservasi ini kering dan mengancam keberlangsungan hidup satwa liar dan satwa langka.

Seorang petani kacang di desa setempat, Patrick Kilonzo Mwalua, tergerak untuk menyelamatkan satwa dari kepunahan. Mwalua memberikan air untuk satwa liar di kawasan taman nasional.

“Kami benar-benar tidak menerima hujan. Dari tahun lalu, bulan Juni, tidak ada hujan sama sekali,” katanya dilansir dari The Dodo. “Jadi saya mulai memberikan air kepada hewan karena saya berpikir, ‘Jika saya tidak melakukan itu, mereka akan mati.” tambahnya.

satwa liar
Foto: Thedodo.com

Mwalua menghabiskan beberapa jam mengemudi setiap hari untuk mengisi lubang kering dengan air. Setiap kali dia muncul dengan truk berisi 3.000 galon air bersih, gajah, kerbau, antelope dan zebra datang menyambutnya.

Bahkan hewan-hewan ini tidak mau menunggu lama, tanpa rasa takut mereka berkerumun di truk Mwalua.

“Tadi malam, saya menemukan 500 kerbau menunggu di lubang air,” katanya. “Ketika saya tiba mereka bisa mencium bau air. Penciuman kerbau yang sangat tajam, membuatnya datang begitu cepat.”

Satwa liar
Foto: Thedodo.com

Selain membagikan air pada satwa liar, Mwalua kini tengah menjalankan proyek konservasi “Tsavo Volunteers”. Pria berusia 41 tahun ini mengunjungi sekolah-sekolah lokal untuk mensosialisasikan pelestarian satwa liar di kawasan Taman Nasional Tsavo Barat.

“Saya lahir di sini dan dibesarkan dengan satwa liar sehingga saya memiliki banyak gairah tentang satwa liar,” katanya. “Saya memutuskan untuk membawa kesadaran ini kepada anak-anak sehingga ketika mereka tumbuh dewasa mereka dapat melindungi satwa liar mereka.” pungkasnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here