Photo: blog.natasha.com

Berolahraga saat puasa tentu saja diperlukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Ada baiknya, perhatikan pula durasi dan jenis olahraga yang kamu lakukan saat berpuasa. Nah, mungkin kamu masih sering mendengar kalau selama puasa Ramadan umat Islam dilarang berenang, apakah itu benar?

Khawatir airnya tertelan

Selama ini pasti kamu sering mendengar orang berkata tidak boleh berenang saat berpuasa. Sebenarnya, yang dikhawatirkan adalah kamu tanpa sengaja menelan air kolam. Padahal, ketika berpuasa, tidak boleh ada air atau makanan yang masuk ke tubuh.

Ya, pendapat itu ada benarnya. Meskipun begitu, untuk kamu yang ingin berenang pada masa puasa Ramadan, tetap diperbolehkan, lho!

Tenang saja, ternyata berenang saat puasa boleh, kok!

Photo: blog.natasha.com

Banyak ulama yang berpendapat bahwa berenang–jika dapat menjadi penambah semangat saat berpuasa–sangat dianjurkan. Hal ini juga dapat meringankan beban ibadah seseorang. Jadi, larangan berenang saat berpuasa bisa dikatakan hanya mitos.

Hal ini diperkuat juga pernyataan Imam Ibnu Utsaimin Rahimahullah bahwa tidak masalah orang yang berpuasa melakukan renang. Dia diperbolehkan berenang dan menenggelamkan tubuh di air. Namun, tetap harus ekstra hati-hati, jangan sampai ada air yang tertelan. Kalau olahraga ini bisa membuat orang yang berpuasa menjadi lebih semangat dan membantu meringankan niatnya, sehingga membantunya untuk semakin taat kepada Allah, maka kegiatan itu tidak dilarang.

Tetap harus hati-hati

Jadi, meskipun tidak ada larangan untuk berenang saat berpuasa, kamu harus ekstra hati-hati dan pastikan tidak ada air masuk tubuhmu–baik sengaja maupun tidak. Pastikan juga kamu bukan lagi pemula yang baru belajar berenang, supaya bisa meminimalisir kemungkinan air yang tertelan. Biasanya, bagi orang yang terbiasa berenang dan menjadikan berenang sebagai terapi kesehatan, tidak masalah kok, berenang saat berpuasa. Ingat, tetap perhatikan ketentuannya ya, supaya puasamu tidak sia-sia.

Nah, Inspirator juga ingin berenang saat berpuasa? Boleh saja! Supaya tidak terlalu lelah, lebih baik berenang dalam durasi 30 menit menjelang berbuka puasa, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY