Selain BAB Seret, Ada Tanda Lain Tubuhmu Kekurangan Serat!

Photo: hellosehat.com

Jika kamu mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini, ada indikasi tubuhmu kekurangan serat.

Tubuh yang kekurangan serat biasanya akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Supaya tetap sehat, tubuh butuh serat makanan yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Sekitar 70 persen sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh manusia terdapat di saluran pencernaan.

Nah, serat berguna untuk memperlancar sistem transportasi di dalam usus, sehingga serat menjadi makanan untuk bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kamu harus memastikan tubuhmu tidak kekurangan serat dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi serat, antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kalau kamu jarang mengonsumsi sayur atau buah, tubuhmu bisa mengalami berbagai masalah kesehatan yang terkait kekurangan serat.

Lalu, apa saja tanda bahwa tubuhmu kekurangan serat?

1. Sembelit

Photo: dream.co.id

Sembelit menjadi tanda tubuhmu kekurangan serat. Biasanya, orang yang menderita sembelit hanya buang air besar (BAB) tiga kali dalam seminggu, bahkan bisa kurang. Maka dari itu, makanlah buah dan sayur seperti apel, brokoli, wortel, dan gandum yang memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu, imbangi dengan mengonsumsi air putih ya, Inspirator.

2. Ada kenaikan berat badan

m.timesindonesia.com

Mengonsumsi serat bisa memberikan rasa kenyang pada tubuh. Kalau kamu mengonsumsi makanan kurang serat, kamu cenderung merasa terus-menerus lapar sehingga menyebabkan berat badanmu naik. Nah, sebaiknya konsumsi serat 25-35 gram per hari untuk mencukupi kebutuhan seratmu.

3. Tubuh terasa mual, lemah, dan lesu

Photo: hellosehat.com

Kekurangan serat membuat tubuhmu terasa mual, lemah, dan lesu. Hal ini terjadi karena kandungan mineral dan vitamin dalam tubuh berkurang. Jadi, mulai sekarang perbanyak mengonsumsi buah dan sayur segar yang memang kaya vitamin dan mineral.

Inspirator mengalami tanda-tanda kekurangan serat seperti di atas? Yuk, sekarang juga mulai perhatikan asupan serat dalam tubuh. Kamu tidak mau kan, pencernaanmu bermasalah hanya karena kekurangan serat?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here