Selain Sate, 7 Kuliner Khas Madura Ini Sayang Dilewatkan

Photo: PulauMadura.com

Selain sate, Madura ternyata menyimpan beragam potensi kuliner khas yang tidak kalah populer dengan sate. Ragam kuliner khas Madura ini tentu saja menjadi pelengkap kekayaan kuliner Indonesia.

Jadi, kalau kamu berencana pergi ke Madura atau mengunjungi tempat wisata di Madura, sempatkan untuk berburu kuliner khas Madura di bawah ini yang sayang dilewatkan. Nah, ada kuliner lezat apa saja, ya?

1. Soto Madura

Photo: kumpulan resepku

Ada banyak jenis soto di Indonesia dengan tampilan dan rasa berbeda. Nah, soto Madura memiliki kuah kuning pekat dan gurih dengan tambahan irisan telur rebus dan kentang goreng garing menyerupai keripik. Saat menyantap soto Madura, jangan lupa untuk tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan bawang goreng–biasanya sudah disiapkan penjual–supaya rasanya semakin mantap.

2. Keripik lorjuk

Photo: mushthofacrackers.wordpress.com | Kuliner Khas Madura Lorjuk

Lorjuk adalah sejenis kerang berbentuk pipih dan panjang yang bisa ditemukan di tepian pantai di Madura. Biasanya, lorjuk diolah dengan cara ditumis atau menjadi menu rica-rica pedas. Selain disantap sebagai lauk untuk makan nasi, lorjuk juga dijadikan keripik untuk camilan. Keripik dengan citarasa gurih dan renyah ini sangat terkenal di Madura. Wah, cocok dijadikan oleh-oleh, nih!

3. Bebek Songkem

Photo: wisatamadura.or.id

Penggemar bebek pasti rugi kalau melewatkan kuliner satu ini. Bebek Songkem adalah menu olahan bebek yang disiapkan dengan cara dibumbui dengan rempah, lalu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga daging empuk. Baru membayangkannya saja, jadi penasaran untuk mencicipi, ya?

4. Nasi serpang

Photo: laurentiadewi.com

Penyajian nasi serpang hampir mirip nasi campur yang sering kamu lihat di tempat lain. Menu pelengkap nasi serpang pun beragam, mulai dari irisan daging ayam atau sapi, telur rebus atau telur suwir, bihun, tumis buncis, sambal goreng kentang dan krecek, oseng tahu, tempe goreng, dan lain-lain. Sayangnya, kuliner ini tidak banyak dijual di kota Madura. Nasi serpang bisa kamu temukan di Bengkalan, pulau di ujung Madura yang masih banyak menjajakan kuliner ini.

5. Otok

Photo: keratonmadura.wordpress.com

Oleh-oleh khas Madura lainnya yang bisa kamu beli adalah otok. Camilan khas Madura ini terbuat dari kacang yang dibumbui dengan rasa asin, gurih, atau pedas. Otok dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh Madura.

6. Tajin sobih

Photo: PulauMadura.com

Sekilas melihat gambarnya, kamu mungkin akan teringat pada bubur. Tajin Sobih memang bubur khas Madura yang terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung terigu, lalu diguyur cairan gula merah dan, tidak lupa, disajikan di daun pisang.

7. Kaldu kokot

Photo: junantoherdiawan.com

Bagaimana ya, rasanya menyantap kacang hijau yang dimasak dengan kaldu daging? Mungkin kamu sulit membayangkan rasanya. Tetapi, jika kamu berkunjung ke Madura, jangan sampai lupa untuk mencicip kuliner unik ini.

Itulah tujuh kuliner khas Madura yang terkenal dengan keunikan dan kelezatannya. Kamu tertarik untuk mencoba yang mana nih, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here