Selain Kurang Tidur, Ternyata Ini Penyebab Munculnya Kantong Mata

Photo: tempo.co

Saat melihat pantulan wajah di depan cermin, pernahkah Inspirator merasa terganggu dengan lingkaran di bawah mata?

Lingkaran di bawah mata atau biasa disebut kantong mata ini memang membuat wajah kelihatan tidak segar. Tetapi, kenapa bisa timbul kantong mata di bawah mata, ya?

Banyak yang mengatakan kantong mata muncul karena kurang tidur. Ada pula yang mengatakan terlalu sering menangis dalam jangka waktu lama juga dapat memunculkan kantong mata. Nah, apakah anggapan itu benar? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Waktu tidur

Kalau ada yang bilang kurang tidur dapat menciptakan kantong mata, itu tepat sekali! Hal ini terjadi karena ada penumpukan cairan yang diakibatkan melemahnya jaringan di sekitar otot penopang kelopak mata. Tetapi, tidur terlalu lama juga bisa membuat kantong mata muncul, lho. Jadi, pastikan waktu tidurmu cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan.

2. Sering menangis

Saat menangis, darah akan mengalir ke bagian wajah sehingga membuat mata menjadi bengkak. Maka dari itu, menangis terlalu lama dapat memunculkan kantong mata.

3. Genetik

Tidurmu cukup dan kamu jarang menangis, tapi kok masih ada lingkaran hitam di bawah mata? Kalau begitu, coba perhatikan mata orangtuamu. Kantong mata dapat muncul karena faktor genetik. Jika orangtuamu punya kantong mata, kamu pun akan “mewarisi” kantong mata.

4. Alergi atau gigitan serangga

Kantong mata yang muncul bisa juga terjadi karena ada infeksi di mata. Infeksi itu bisa disebabkan alergi obat atau alergi debu. Selain itu, jika terkena gigitan serangga di bagian mata, juga bisa menyebabkan mata bengkak.

5. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan di sekitar mata akan melemah. Kulit juga mulai mengendur sehingga cairan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak di sekitar mata akan bergerak ke sekitar bawah mata sehingga membentuk kantong mata.

Ternyata penyebab munculnya kantong mata tidak semata karena kurang tidur ya, Inspirator. Nah, kalau kamu ingin mengatasi timbulnya kantong mata dan membuat mata lebih rileks, kompres saja dengan kantongan teh celup yang sudah didinginkan. Selain bisa mengatasi kantong mata, kantongan teh celup bekas pakai juga punya manfaat lain. Baca di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here