Selain Kolak Pisang, Ini 5 Kolak yang Sering Dijadikan Teman Buka Puasa. Favoritmu yang Mana?

Photo: foody.id

Ketika bulan Ramadan, kolak yang merupakan kuliner khas Indonesia dengan citarasa manis dan gurih jadi menu populer untuk berbuka puasa. Kuahnya yang terbuat dari campuran santan dan gula merah menguarkan aroma khas daun pandan. Nah, saat berbuka puasa, menu kolak ini pasti jadi salah satu menu favorit Inspirator, bukan?

Di Indonesia, kolak paling terkenal ya kolak pisang. Tetapi, ada kolak lain yang sering dijadikan teman buka puasa. Apa saja, ya?

1. Kolak ubi

Photo: id.tastemade.com

Selain kolak pisang, kolak ubi juga paling sering dijadikan santapan. Kandungan karbohidrat ubi dapat membuatmu merasa lebih kenyang lho, Inspirator. Untuk membuat kolak ubi, kamu bebas menggunakan ubi kuning, ubi merah, atau ubi ungu. Masing-masing punya citarasa berbeda. Ubi kuning memiliki citarasa lebih manis dibandingkan ubi merah dan ungu, sedangkan ubi ungu ada sedikit rasa pahit.

2. Kolak singkong

Photo: instagram @omamuda

Selain dijadikan keripik atau olahan kue tradisional, penganan satu ini juga cocok dijadikan kolak. Pilih singkong yang bagus sehingga teksturnya terasa empuk setelah dimasak.

3. Kolak biji salak

Photo: blogunik.com

Kolak satu ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur air. Kadang-kadang dicampur ubi yang sudah dikukus dan dilembutkan, lalu dibentuk bulat-bulat. Kuahnya juga terbuat dari santan dan air gula merah. Rasanya kenyal, lembut, dan manis!

4. Kolak labu kuning

Photo: andaikata.com

Di Indonesia, labu kuning juga bisa disulap jadi kolak, lho! Kalau sudah matang, labu ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk dibandingkan ubi. Mungkin kolak labu masih terdengar asing, tapi nggak ada salahnya nih, dicoba.

5. Kolak durian

Photo: foody.id

Selain bisa dimakan langsung, durian juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, misalnya kolak durian. Aroma wanginya yang menggoda sangat cocok dipadukan dengan kuah santan dan gula merah.

Nah, dari lima jenis kolak di atas, kamu akan menyantap yang mana untuk berbuka puasa nanti, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here