Selain Menyehatkan Jantung, Puasa Punya Banyak Manfaat, Lho!

Photo: solusisehatku.com

Wah, tidak terasa ya, saat ini umat Muslim sudah memasuki hari kelima berpuasa. Bagaimana puasamu, Inspirator? Masih tetap semangat, bukan?

Kalau kamu menjalaninya dengan ikhlas dan penuh kegembiraan, puasa seharian penuh pasti berjalan lancar. Apalagi, puasa juga punya banyak manfaat, lho!

Coba simak manfaat puasa di bawah ini supaya kamu semakin semangat berpuasa.

Manfaat berpuasa untuk kebiasaan

Saat tidak berpuasa, mungkin pola makanmu tidak teratur atau bahkan terlalu banyak. Ini berbahaya karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Nah, saat berpuasa, kebiasaan buruk itu digantikan kebiasaan yang lebih baik, seperti makan hanya dua kali sehari–sahur dan berbuka. Otomatis, kebiasaan makan secara teratur ini baik untuk kesehatan tubuhmu, Inspirator.

Manfaat berpuasa untuk kesehatan jantung

Menurut ahli jantung dari Uni Emirat Arab, saat berpuasa kadar kolesterol di dalam darah menurun. Nah, saat kolesterol di dalam darah berkurang, jantung pun semakin sehat. Kalau jantungmu sehat, kamu terhindar dari serangan jantung ataupun stroke.

Manfaat berpuasa untuk otak

Ilmuwan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa berpuasa dapat membuat tubuh memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya–sehingga fungsi otak semakin baik. Selain itu, berpuasa bisa mengurangi jumlah hormon kortisol–hormon stres–di dalam tubuh. Efeknya, kamu tidak gampang stres.

Manfaat berpuasa untuk tubuh

Saat berpuasa, kamu menghentikan kebiasaan makan sepanjang hari. Ini membuat tubuh menghasilkan hormon adiponektin lebih banyak, yaitu hormon yang membuat sistem metabolisme menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang dimakan. Kalau tubuh menyerap banyak nutrisi, tentu bagus untuk kesehatan otot dan anggota tubuh lain.

Manfaat berpuasa untuk kesehatan pencernaan

Jika kamu tidak makan dan minum dalam jangka waktu cukup lama, pencernaanmu akan melakukan pembersihan. Pada saat itu, tubuh jadi punya banyak waktu untuk melakukan pembakaran racun-racun berbahaya yang ada di lemak. Makanya, berpuasa sangat bagus untuk kesehatan saluran pencernaan.

Nah, itulah berbagai manfaat berpuasa yang akan kamu dapatkan, Inspirator. Ternyata, selain mendapatkan pahala ibadah, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan mengeluh ya, saat berpuasa. Selamat melanjutkan puasamu, Inspirator!

(Diolah dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here