Sekolah Mode Esmod Jakarta Dukung Kreativitas dan Mutu Desainer Muda Indonesia

esmod jakarta
Koleksi busana rancangan karya desainer Esmod Jakarta (Foto: Inspirator Freak)

Besarnya potensi dan kreativitas desainer fashion Indonesia, khususnya desainer muda membuat Sekolah mode dan Bisnis, Esmod Jakarta menyambut baik tawaran Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) untuk membuat wadah bagi para desainer.

Wadah bernama Rumah Desain ini merupakan bentuk kerja sama Esmod Jakarta dengan LLP-KUKM untuk mengembangkan kreativitas dan mutu desainer Indonesia. Sebagai sekolah mode tertua di dunia, Esmod Jakarta dipercaya LLP-KUKM untuk memberikan pelatihan tentang industri fashion.

Managing Director Esmod Jakarta Ricardo Leatemia menuturkan, pertemuannya dengan Sekretaris Kemenkop & UKM, Agus Muharam beberapa tahun silam mengantarkan kerja sama ini.

“Saya bertemu dengan sekretaris Menteri Agus Muharam dalam acara Esmod Jakarta Fashion Festival. Saat itu beliau melihat kreativitas anak-anak Esmod dan tertarik untuk kerja sama dengan Esmod. Kita bicara tentang bagaimana caranya membuat suatu wadah  desainer untuk berkumpul dan menciptakan kreativitas.” tuturnya saat di temui Inspirator Freak dalam acara peresmian Rumah Desain, Gedung Smesco, Jakarta Selatan.

Dari pertemuan itulah, Ricardo mengatakan, Esmod Jakarta memutuskan untuk bekerja sama dan  membantu mendukung visual merchandising Rumah Desain. Tidak hanyak memberi ruang agar karya desainer bisa di display di Rumah Desain, Esmod juga akan memberikan pelatihan dan advokasi kepada desainer baru.

“Esmod merupakan sekolah desain tertua di dunia dan di Indonesia sendiri sudah 22 tahun. Oleh karena itu sangat senang sekali dipercaya oleh Smesco untuk memberikan pelatihan mengenai fashion,” ungkapnya.

Ricardo berharap program ini tidak berhenti disini. Esmod akan terus membantu para desainer muda, tidak hanya kualitas desain tetapi juga pemasaaran karyanya.

“Kita harapkan dengan pelatihan terus menerus yang berkesinambungan akan mendongkrak kreativitas dan mutu dari hasil desainer muda indoensia.” tambahnya.

Sementara itu, salah satu alumni Esmod Jakarta Denad Ulima, mengungkapkan kegembiraannya bisa terlibat dalam Fashion Show Rumah Desain. Dalam shownya, Denad menampilkan koleksi Ulima yang memadukan kain songket Palembang dengan desain modern.

“Hari ini saya mengeluarkan dua rancangan yang terinspirasi dari tanah lahirku, Palembang.  Biasanya songket Palembang punya motif sendiri, tetapi disini saya membuat motif sendiri  ke perajinnya. Jadi ada khas Palembang dan ada khas koleksi Ulima,” katanya.

“Acara ini menarik sekali karena ini baru pertama kalinya saya ikut show di Smesco. Saya berharap hal ini terus dilakukan agar perancang muda di Indonesia terus diekspos. Dan ini merupakan peluang dan wadah baru untuk desainer Indonesia.” pungkasnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here