tenda tenaga surya
Foto: Boredpanda.com

Tingginya angka pengangguran dan mahalnya harga sewa rumah di Kota Los Angeles, Amerika Serikat beberapa tahun terakhir membuat kota ini sempat dinyatakan ‘darurat gelandangan’. Menurut data Los Angeles Homeless Services Authority (LAHSA), jumlah gelandangan atau tunawisma di Los Angeles meningkat 23 % dibanding tahun lalu. Pada 2016 terdapat 46,874 tunawisma dan naik menjadi 57,794 pada tahun ini.

Dengan jumlah tunawisma yang cepat meningkat, berbagai cara dilakukan untuk mengakhiri krisis ini. Warga, pemerintah kota hingga lembaga swadaya masyarakat berusaha mencari solusi. Salah satunya yang dilakukan sekelompok siswa di San Fernando High School. Para siswa ini menciptakan inovasi tenda tenaga surya bagi para tunawisma.

Sekelompok siswa ini terdiri dari 12 siswa perempuan yang tergabung dalam Girls DIY, sebuah organisasi nirlaba yang memberdayakan gadis remaja dari keluarga berpenghasilan rendah di LA untuk belajar di bidang teknologi dan teknik. Berbekal video tutorial YouTube dan penelusuran di Google, para siswa ini bekerja sama selama setahun. Mulai dari desain, penjahitan, coding hingga pencetakan prototype.

Foto: Boredpanda.com

Meski sebelumnya tidak memiliki pengalaman di bidang yang bersangkutan, mereka akhirnya berhasil membuat tenda tersebut. Tak hanya memiliki keunggulan tenaga surya, tenda karya mereka ini bisa digulung menjadi ransel dan mudah dibawa kemanapun.

Foto: Boredpanda.com

Kini semua kerja keras itu terbayar pada akhirnya. Meski tidak memiliki pengalaman sebelumnya, mereka mendapatkan jauh lebih banyak dari sekadar penghargaan dunia. Para siswa memenangkan hibah sebesar $ 10.000 atau sekitar Rp 132 juta dari program Lemelson-MIT. Mereka akan mempresentasikan penemuan mereka di MIT’s EurekaFest.

Datang dari keluarga berpenghasilan rendah sendiri, gadis-gadis itu hampir tidak melakukan perjalanan. Namun berkat kampanye GoFundMe yang berhasil mengumpulkan lebih dari $ 18 ribu untuk sumbangan, mereka pun melakukannya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY