Hari Bhakti Adhyaksa
Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga penegak hukum

Halo Inspirator, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-56 yang jatuh pada hari ini (22/7), Inspirator Freak mau mengajak Inspirator untuk menelusuri sejarah Hari Bhakti Adhyaksa nih.  Hari Bhakti Adhyaksa merupakan hari peringatan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia. Yuk, simak sejarah diperingatinya hari ini, Inspirator.

Diawali pada Masa Kerajaan Majapahit

Hari Bhakti Adhyaksa
Sistem penegakan hukum seperti kejaksaan sudah ada cikal bakalnya sejak zaman Majapahit | Source: wacananusantara.org
Inspirator tahu gak sih bahwa sejarah dari nama Bhakti Adhyaksa awal mulanya ada pada zaman kerajaan Hindu-Jawa. Tepatnya, merujuk kepada zaman kerajaan Majapahit. Kala itu, Pemerintahan Majapahit memiliki sejumlah jabatan yang mirip dengan hakim pengadilan. Pada masa itu, Kerajaan Majapahit sudah memiliki semacam sistem pengadilan dengan ‘Dhyaksa’ yang bertugas menangani masalah peradilan. Terdengar tak asing kan, Inspirator? Yap, sebutan ‘Jaksa’ yang kita kenal selama ini memang berawal dari bahasa sansekerta tersebut, lho. Adapun juga terdapat Adhyaksa atau Hakim Tertinggi yang memimpin dan mengawasi para Dhyaksa.  

Berdirinya Kejaksaan Setelah Kemerdekaan

Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga penegak hukum | Source: id.wikipedia.org
Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga penegak hukum | Source: id.wikipedia.org
Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945 tentu diiringi dengan pembentukan berbagai lembaga negara untuk mendukung berjalannya pemerintahan. Hal ini tak luput juga dengan pembentukan lembaga penegak hukum guna memastikan ketertiban umum. Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia tertuang pada Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945, diperjelas Peraturan Pemerintah (PP) No. 2/1945. Kala itu, Kejaksaan dibentuk dengan berada dalam lingkup departemen Kehakiman. Sebagai Jaksa Agung Indonesia pertama, terpilih Gatot Taroenamihardja.  

Bhakti Adhyaksa, sejak 56 Tahun Silam

Kejaksaan Agung Republik Indonesia, harapan penegakan hukum negeri | Source: rmoljakarta.com
Kejaksaan Agung Republik Indonesia, harapan penegakan hukum negeri | Source: rmoljakarta.com
Meskipun telah terbentuk lewat Aturan Peralihan UUD 1945 dan juga Peraturan Pemerintah, baru 15 tahun setelahnya Kejaksaan menjadi departemen yang terpisah. Melalui rapat kabinet tanggal 22 Juli 1960, diputuskan bahwa Kejaksaan akan menjadi departemen. Hasil rapat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Ri tanggal 1 Agustus 1960 No. 204/1960, yang kemudian disahkan menjadi UU. No. 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia. Sejak 56 tahun silam, tanggal 22 Juli diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, pengabdian atau Bhakti yang dilakukan oleh insan Adhyaksa, yaitu para anggota Kejaksaan Republik Indonesia.   Nah, itu dia sejarah singkat dibalik peringatan Hari Bhakti Adhyaksa atau peringatan lahirnya Kejaksaan Republik IndonesiaInspirator. Semoga menambah wawasan dan selalu menginspirasi 🙂 Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Agung Tyanto Editor   : Kintan Lestari Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)  

LEAVE A REPLY