Sederhana Tapi Berdampak Besar, Ini Beberapa Cara Untuk Melindungi Bumi

Photo: Sustrans.org.uk

Kondisi Bumi tempat tinggal kita sekarang ini tidak seperti dulu lagi. Berbagai isu lingkungan menghampiri, seperti pemanasan global, berkurangnya air tanah, punahnya hewan dan tumbuhan langka, dan banyak lagi. Sebagai penghuni Bumi, sudah seharusnya kita meninggalkan semua kebiasaan buruk yang dapat merusak lingkungan. Kalau belum sanggup melakukan aksi besar, mulai saja dulu dengan cara sederhana yang ternyata juga bisa berdampak besar.

Ada lho, cara untuk melindungi Bumi yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

1. Menghemat penggunaan air

Photo: google.com

Perhatikan keran air di rumahmu. Kalau ada kebocoran, segera perbaiki. Jangan lupa untuk selalu menutup rapat keran setelah dipakai supaya tidak ada air terbuang sia-sia. Hindari juga menyiram tanaman setiap hari, karena sebenarnya itu hanya membuat tanaman cepat rusak. Sebaiknya, menyiram tanaman hanya 2-3 kali dalam seminggu dengan jumlah air yang cukup. Mari bijak menggunakan air ya, Inspirator.

2. Meminimalkan naik kendaraan bermesin

Photo: Sustrans.org.uk

Asap kendaraan menjadi penyumbang terbesar dalam permasalahan global warming. Selain itu, asap kendaraan yang mengandung karbon dioksida juga berdampak buruk untuk kesehatan. Nah, mulai sekarang, coba minimalkan naik kendaraan pribadi yang menyebabkan polusi. Beralihlah ke moda transportasi umum, sepeda, atau jalan kaki. Selain lebih hemat, kamu juga semakin sehat, lho.

3. Kurangi penggunaan plastik

Photo: tribunnews.com

Masih ingat kebijakan plastik berbayar? Sayangnya, kebijakan itu tidak digaungkan lagi. Kebijakan tersebut lahir karena banyaknya sampah plastik yang butuh waktu sangat lama untuk diuraikan oleh tanah. Selain itu, kandungan zat racun–petropolymers–pada plastik bisa meresap ke tanah dan air, yang berbahaya jika masuk ke rantai makanan. Mulai sekarang, yuk beralih ke kantongan belanja atau tote bag sebagai pengganti plastik belanja.

4. Mengurangi penggunaan bahan kimia

Photo: nefifitriana.blogspot.com

Bahan kimia yang dipakai untuk membantu membersihkan rumah ternyata dapat berbahaya jika sering digunakan terus-menerus. Bahan kimia yang masuk ke saluran air dapat mencemari air. Usahakan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia dengan memilih bahan alami lain. Seperti mencampurkan cuka dan air, yang dapat digunakan sebagai pembersih lantai atau dinding kamar mandi. Pastinya, bahan-bahan tersebut lebih alami dan tidak beracun.

5. Menanam pohon

Photo: plukme.com

Saat ini, banyak aksi yang melibatkan masyarakat untuk ikut menanam pohon. Pohon yang ditanam dapat memberikan udara sejuk bagi lingkungan sekaligus mengatasi global warming. Nah, kamu juga bisa mulai menanam tanaman di pekarangan rumah supaya tampak asri dan indah.

6. Tidak merusak habitat hewan

Photo: cnnindonesia.com

Saat berkunjung ke suatu tempat, jangan merusak habitat hewan-hewan yang tinggal di daerah tersebut ya, supaya keseimbangan ekosistem alam tetap terjaga.

Cara-cara sederhana di atas mudah untuk dilakukan, bukan? Mulai sekarang, yuk, ikut terlibat dalam menjaga Bumi dari kerusakan. Ajak juga keluarga dan temanmu untuk sama-sama melindungi Bumi kita tercinta. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here