Aslinya Terdiri Dari 3 Stanza, Ini Dia 5 Fakta Menarik Lagu Indonesia Raya

Photo: makmalpendidikan.net | Bendera Bangsa Indonesia

Lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman sering kita nyanyikan saat upacara, pertandingan kejuaraan, dan acara-acara formal lainnya. Meskipun sudah sering kita nyanyikan, apakah kamu tahu fakta-fakta di balik lagu kebangsaan Indonesia ini? Ada 5 fakta menarik di balik lagu Indonesia Raya yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Sikap dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya

Dalam UU nomor 24 tahun 2009 pasal 62 tertulis, “Setiap orang yang hadir pada saat lagu kebangsaan diperdengarkan dan atau dinyanyikan, wajib berdiri tegak dengan sikap hormat.” Yang dimaksud berdiri tegak dengan sikap hormat adalah berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurna, pandangan lurus ke depan. Berbeda saat kita mendengarkan lagu-lagu lain, saat lagu kebangsaan berkumandang, kita tidak diperbolehkan bertepuk tangan sambil bernyanyi.

2. Tercipta karena tantangan

Pencipta lagu ini—Wage Rudolf Supratman—merasa tertantang untuk menciptakan lagu kebangsaan setelah membaca tulisan di majalah Timbul yang menantang ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Semangat nasionalisme yang tinggi membuat W.R. Supratman merasa tertantang untuk menciptakan sebuah lagu. Pada 1924, lagu Indonesia Raya pun tercipta.

3. Terdiri dari 3 stanza (bait)

Mungkin kamu pernah merasa lirik lagu Indonesia Raya yang kita nyanyikan selama ini sudah cukup panjang. Namun, ternyata lirik asli lagu ini lebih panjang daripada yang biasa kita nyanyikan. Lirik lagu Indonesia Raya yang utuh ternyata terdiri dari 3 stanza (bait), dan yang selama ini kita nyanyikan hanya stanza satu.

4. Dikumandangkan saat kemerdekaan Indonesia

Ketika bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, para pejuang menetapkan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan. Sayangnya, W.R. Supratman meninggal pada 17 Agustus 1938, sehingga tidak sempat mendengar lagu ciptaannya dikumandangkan pada hari kemerdekaan.

5. Sempat direkam ulang

Pada 18 Mei 2017, untuk mengabadikan lagu kebangsaan Indonesia, lagu ini direkam ulang di Studio Lokananta, Solo, dan dinyanyikan putra-putri Indonesia yang tergabung dalam Orkes Gita Bahana Nusantara.

Itulah 5 fakta menarik lagu Indonesia Raya. Inspirator setuju kan, kalau lagu Indonesia Raya mampu membangkitkan rasa nasionalisme pada negeri tercinta ini? Kalau kamu penasaran dengan lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza, cek video di bawah ini, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here