Endeavor Indonesia – sebuah komunitas yang berfokus pada pertumbuhan ekosistem entrepreneur – kembali menyelenggarakan acara tahunan Scale-Up Asia 2018 yang diselenggarakan di The Hall Ballroom, Senayan City  Jakarta, pada 28 Maret 2018. Acara ini mengangkat tema “50 Shades of Scale-Up” ini membagikan kisah inspiratif para founder yang sukses di bidangnya serta bagaimana mereka dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama di sektor ekonomi kreatif.

Sebagai bagian dari jejaring Endeavor Global yang telah berhasil membantu menyediakan lebih dari 700.000 lapangan pekerjaan di dunia, Endeavor Indonesia ingin memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan ekosistem wirausaha di Indonesia melalui gerakan High-Impact Entrepreneurship (HIE). Saat ini, sudah tercatat lebih dari 38 entrepreneur dari 30 perusahaan yang terseleksi menjadi ENdeavor Entrepreneur. Mereka merupakan entrepreneur yang dinilai berpotensi untuk meningkatkan skala bisnisnya dan melipatgandakan dampak bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia, penciptaan lapangan pekerjaan bernilai tinggi, dan pengembangan ekosistem kewirausahaan di Indonesia.

Harun Hajdi selaku Chairman Endeavor Indonesia mengatakan, “Demi menciptakan ekosistem wiruasaha yang dinamis, adanya role model yang menginspirasi merupakan faktor penting, selain dua faktor lain seperti akses pada mentor dan permodalan. Untuk itu, peran para HIE ini sangat vital, karena memberikan pengaruh kepada para founfer muda melalui cerita sukses mereka, sekaligus memberikan bimbingan langsung melalui kegiatan mentoring seperti di acara Scale-Up Clinic yang juga difasilitasi oleh Endeavor.”

Menurut data Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada Juli 2017 lalu, perkembangan pelaku usaha di Indonesia masih terbilang sangat minim – hanya 1,6% sampai 1,8% dari populasi penduduk di Indonesia. M. Syakawari Rauf selaku ketua KPPU menyayangkan minimnya pelaku usaha di Indonesia. Diakui oleh Syarkawai bahwa pelaku usaha menjadi salah satu basis penyumbang peertumbuhan ekonom terbesar di Indonesia. Ini yang menjadi fokus Endeavor Indonesia dengan mengadakan Scale-Up Asia 2018 dan lewat gerakan Hing-Impact enrepreneruship-nya, membangun dan memajukan ekkosistem kewirahusanaan Indonesia.

Scale-Up Asia 2018 menghadirkan pembicara para entrepreneur yang telah meningkatkan skala bisnisnya dan berdampak besar, setidaknya di subsektor masing-masing. Mereka datang dari latar belakang dan bidang usaha yang berbeda baik teknologi maupun non teknologi, B2C dan B2B serta dari dalam dan luar negeri. Di antara pembicara Scale-Up Asia 2018 adalah Achmad Zaky dan M Fajrin Rasyid – pendiri Bukalapak; Stefanie Kurniadi dari CRP Grup (Warunk Upnormal, Nasi Goreng Mafia, dll); Carline Darjanto – Pendiri dan CEO Cotton Ink; Azran Osman Rani-Mantan CEO iFlix dan Air Asia X dan masih banyak lagi. Keragaman pembicara yang dihadirkan oleh Endeavor Indonesia bertujuan untuk memperkaya peserta acara dengan kisah inspiratif dari berbagai bidang dan latar belakang agar dapat terhubung dengan berbagai profil peserta yang lebih variatif dan bisa menerapkan ilmu yang didapat pada usahanya sendiri.

Informasi lebih lengkap mengenai Scale-Up Asia 2018 dapat dilihat di www.scaleupasia.co

LEAVE A REPLY