Sayangi Tubuhmu, Coba Lakukan Satu dari Tiga Teknik Relaksasi Punggung Ini

Orang zaman sekarang lebih banyak melakukan aktivitas dalam keadaan duduk. Artinya, tulang punggung yang menjadi penopang utama tubuh atas kita bekerja lebih keras selama berjam-jam setiap harinya dalam jangka waktu panjang. Gangguan seperti pegal dan nyeri punggung pun menjadi problem kesehatan manusia modern. Relaksasi punggung diperlukan untuk meredakan gangguan ini.

Jika waktumu terbatas, apakah ada teknik relaksasi punggung yang mudah dilakukan di sela waktu rehat tanpa mengurangi keefektifannya? Ada! Mari cari tahu teknik seperti apa yang paling sesuai untuk kamu coba.

Partial crunches

Photo credit: http://s3.amazonaws.com

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menempel di lantai. Kamu bisa menyilangkan tangan di dada atau menyelipkannya ke balik tengkuk. Kencangkan otot perutmu dan pelan-pelan mulailah mengangkat bahumu dari lantai. Pada saat kamu mengangkat bahu, embuskan napas. Hela napas ketika menurunkan bahu pelan-pelan ke lantai.

Wall sits

Photo credit: BojanMilinkov/shutterstock.com

Berdiri kira-kira sejauh 25-30 sentimeter dari dinding dengan permukaan rata. Tekuk lutut sambil mendorong punggung ke dinding hingga menempel rapat. Pelan-pelan, mulailah menurunkan tubuh hingga lututmu menekuk seperti akan berjongkok, dengan punggung tetap menempel di dinding. Dua tangan kamu bisa diluruskan di depan atau di sisi tubuh.

Menekuk lutut ke dada

Photo credit: Photology1971/shutterstock.com

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menempel di lantai. Tahan satu lututmu dalam posisi menekuk selama 30 detik, lalu turunkan ke lantai. Ulangi dengan kaki satu lagi.

Bridging

Photo credit: Undrey/shutterstock.com

Perhatikan gambar. Pastikan kamu tidak melengkungkan tubuhmu secara berlebihan dengan lebih dulu mengencangkan otot-otot perutmu sebelum mengangkatnya. Setelah berbaring di lantai, tekuk lutut, tumit menempel di lantai. Tekan tumit ke lantai dan, sambil mengencangkan bokong, angkat tubuh bawahmu hingga bahu, pinggul, dan lututmu membentuk satu garis lurus.

Teknik relaksasi punggung ini bisa kamu lakukan sesaat menjelang tidur malam. Sama seperti latihan apa pun, butuh disiplin dan konsistensi sampai kamu bisa merasakan hasilnya. Nyeri punggung hilang, ide dan inspirasi pun datang.

Jika kamu mengalami gangguan penglihatan, misalnya pandanganmu kabur, jangan buru-buru membeli kacamata untuk rabun jauh. Coba tiga teknik mudah untuk relaksasi mata dari InspiratorFreak ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here