Satu dari 30 Ilustrator Botani Terbaik Dunia Ada di Indonesia

Ichsan Suwandhi, dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati dari Institut Teknologi Bandung, masuk daftar 30 ilustrator botani terbaik di dunia.

Seperti dilaporkan Tempo.com, ilustrasi Ichsan menempati urutan 24 dari 30 karya di ajang Margaret Flockton Award 2018.

Ilustrator botani peserta satu-satunya dari Indonesia

“Saya nominator tunggal dari Indonesia,” Ichsan, yang menggambar ilustrasi tanaman mengkudu (Morinda citrifolia), mengatakan pada Tempo.com, Rabu (9/5/2018).

Ilustrasi tanaman mengkudu karya Ichsan Suwandhi di ajang The 2018 Margaret Flocton Award, Australia. Photo credit: Istimewa (publikasi ulang dari Tempo.com)

Digagas oleh Royal Botanic Garden di Sydney, Australia, ajang tahunan ini secara eksklusif berfokus pada ilustrasi tanaman aliran sains kontemporer.

Ilustrasi Ichsan dipamerkan bersama 29 karya terbaik lainnya di Maiden Theater, Sydney, mulai 21 April hingga 6 Mei 2018.

Diadakan untuk tahun kelima belas, penghargaan ini menghadiahi pemenang pertama dan kedua berturut-turut uang sebesar 5.000 dan 2.000 dolar Australia. Pemenang pertama adalah Natanael Nascimento, ilustrator botani dari Brazil.

Ajang ini sebenarnya terbuka untuk umum, termasuk seniman lain, tapi menurut Ichsan, mereka yang bukan dari kalangan ahli botani wajib memiliki pengetahuan tentang tanaman dan bagaimana cara mengidentifikasinya.

“Ilustrator botani termasuk langka; hanya ada sedikit di dunia,” kata Ichsan, yang sudah mendedikasikan waktunya untuk menekuni ilustrasi botani selama sepuluh tahun.

Dia mengatakan, ilustrasi botani bukan sekadar tentang menggambar, tapi juga berfungsi untuk mengidentifikasi tanaman.

Bedanya dengan fotografi

“Jika fotografi berfokus pada objek visual, ilustrasi mengutamakan detail untuk membuat gambar persis seperti aslinya.”

(Baca artikel asli dalam bahasa Inggris di The Jakarta Post.)

Mengutip dari Tempo.com, pada prosesnya, ilustrator botani menggambar langsung dari tanaman aslinya, bukan menyalin ulang gambar dari foto. Aliran gambarnya ada yang memakai pena atau tinta, sementara Ichsan memilih gaya menggambar dengan pensil. Tahun depan dia berencana menyertakan karyanya lagi dan bercita-cita meraih juara.

Ilustrasi botani merupakan seni menggambarkan bagian tumbuhan sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai alat identifikasi yang sederhana untuk mengetahui nama ilmiah tumbuhan yang dimaksud.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here