Sarung Tangan Pintar Ini Bisa Ubah Bahasa Isyarat Jadi Teks–Keren!

Photo: unbox.id

Sarung tangan satu ini sangat berbeda dari sarung tangan pada umumnya. Kalau biasanya sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari sesuatu yang panas, kotor, atau berbahaya, sarung tangan pintar dari Taiwan ini digunakan untuk menerjemahkan bahasa isyarat, lho.

Digunakan untuk membantu penyandang tuna rungu

Foto: Yingmi Tech

Sarung tangan pintar ini diciptakan oleh Yingmi Tech dengan menggunakan teknologi yang memudahkan penyandang tuna rungu untuk menerjemahkan bahasa isyarat menjadi teks. Cara penggunaannya pun mudah, pemakai tinggal menggerakkan jemari tangan untuk membentuk gerakan bahasa isyarat, kemudian sarung tangan ini akan menerjemahkannya menjadi teks.

Jadi, penyandang tuna rungu dapat menyampaikan maksudnya dengan lebih cepat dan mudah kepada orang lain.

Bukan yang pertama

Oh ya, sarung tangan pintar ini ternyata bukan yang pertama kali diciptakan. Sebelumnya juga sudah banyak produk serupa, misalnya¬†Wearable Device–dikembangkan oleh insinyur biomedis di Texas A&M University–yang menangkap gerakan tangan untuk diterjemahkan menjadi teks.

Bukti perkembangan teknologi

Foto: unbox.id

Sarung tangan pintar ini punya sensor di bagian jemri yang terhubung dengan ponsel pintar melalui bluetooth. Kemunculan sarung tangan unik ini menjadi bukti bahwa teknologi sudah semakin maju dan dapat membantu kegiatan manusia di berbagai bidang kehidupan.

Sayangnya, sarung tangan yang baru dirilis di Taipei ini masih menggunakan bahasa Tiongkok dalam penerjemahannya. Tetapi, Yingmi Tech selaku pengembang tentunya akan mengajak bekerja sama perusahaan lain untuk menghasilkan fitur-fitur baru bagi sarung tangan tersebut.

Jadi, bukan hal mustahil kalau kelak sarung tangan pintar ini akan dikembangkan ke versi yang bisa menerjemahkan ke bahasa Indonesia, kan?

Nah, kalau kamu punya ide juga untuk memberikan solusi dari permasalahan sosial yang ada, jangan ragu untuk mengeksekusinya, ya. Siapa tahu ciptaanmu dapat mempermudah kegiatan manusia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here