Pernahkah Inspirator mendengar nama “Dreamdelion”? Yap, betul sekali. Dreamdelion merupakan sebuah komunitas yang berbasis social entrepreneur. Salah satu program unggulannya yaitu Dreamdelion Cerdas. Program ini kemudian diwujudkan dalam bentuk Sanggar Belajar Dreamdelion yang akan kita bahas kali ini Inspirator. Berlokasi tidak jauh dari Stasiun Manggarai, sanggar belajar ini diselenggarakan setiap hari Minggu dari jam 10 hingga 12 siang. Sanggar belajar ini didirikan oleh Alia Noor Anoviar dan teman-temannya sejak tahun 2012. Ide pendiriannya berawal dari tugas pembuatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) bidang Pengabdian Masyarakat yang dilakukan sewaktu kuliah. Dalam pelaksanaannya, sanggar belajar ini dibantu oleh fasilitator-fasilitator sukarelawan atau yang lebih akrab dipanggil “fasil”. Saat ini, anak-anak yang dididik di sanggar belajar ini telah berjumlah sekitar 80 anak.

Sanggar Belajar Dreamdelion
Ilustrasi: Anak-anak Sanggar Belajar Dreamdelion sedang berbaris sebelum memulai kegiatan
Program pendidikan yang diberikan di sanggar belajar ini berfokus pada pendidikan karakter. Salah satunya yaitu mengajarkan anak-anak berperilaku sopan santun dan hormat kepada orang lain khususnya orang tua. Hal ini bisa terlihat saat sebelum kelas dimulai, anak-anak dibiasakan berbaris terlebih dahulu kemudian bersalaman dengan fasil-fasil satu per satu. Setiap minggu, materi yang disampaikan berbeda-beda namun tetap dibawakan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.
Sanggar Belajar Dreamdelion
Ilustrasi: Anak-anak Sanggar Belajar Dreamdelion sedang belajar bersama fasil-fasil
Seperti saat belajar perilaku hormat dan santun, anak-anak diminta untuk menggunting gambar-gambar contoh perilaku sopan dan tidak sopan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian menempelkannya pada selembar kertas dan mengelompokkannya dengan memberi emoticon senyum untuk perilaku sopan dan emoticon marah untuk perilaku tidak sopan. Semua ini dilakukan di dalam kelompok-kelompok kecil yang didampingi oleh seorang fasil sehingga anak-anak mampu menyerap informasi yang disampaikan dengan lebih efektif. Di akhir sesi, beberapa anak menceritakan kembali kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut dan sekaligus menjadi contoh bagi teman-temannya.
Sanggar Belajar Dreamdelion
Ilustrasi: Anak-anak Sanggar Belajar Dreamdelion terlihat senang saat menunjukkan hasil karya mereka
Jika Inspirator tertarik belajar dan bermain dengan anak-anak disini, Sanggar Belajar Dreamdelion sedang Open Recruitment untuk “fasil”, lho. Inspirator bisa daftar disini http://bit.ly/oprecsanggar2016. Dengan meluangkan sedikit waktu di akhir pekan, kita bisa menjadi agen-agen perubahan yang membimbing generasi muda ini meraih masa depan yang lebih baik. Seperti makna dibalik nama “Dreamdelion” yang berasal dari kata ”dream” dan ”bunga dandelion” yakni impian untuk menyebarkan mimpi ke mana saja dan tumbuh di mana saja untuk mewujudkannya. Semoga akan semakin banyak lahir dreamdelion baru yang membawa semangat positif untuk Indonesia.

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Nindya Kharisma Cahyaningtyas Editor  : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY