Samuel Wattimena: Being Local is The Power of Global Business.

samuel wattimena

Sebagai salah satu subsektor unggulan ekonomi kreatif, industri fesyen tanah air tak bisa dipandang sebelah mata. Menurut data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), industri fesyen merupakan salah satu penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor ekonomi kreatif.

Melihat besarnya potensi industri fesyen, utamanya jika berkolaborasi dengan sektor pariwisata menjadi tema dalam sesi ke-18 program Wonderful Startup Academy. Bertajuk ‘Local Fashion for Tourism, sesi ini dimentori oleh desainer kondang Samuel Wattimena.

Dalam sesinya, Samuel Wattimena memaparkan tentang pentingnya kreativitas dalam industri fesyen. Menurutnya, berkreasi atau membuat karya baru dalam fesyen tidak ada yang salah.

“Inilah asyiknya dibidang fashion, tidak ada yang salah sejauh kamu bisa memberikan pemahaman kepada audiensmu. Segala sesuatu tergantung bagaimana kamu menyampaikannya. Itulah prinsip dasarnya. “ ujarnya.

samuel wattimena
Samuel Wattimen menunjukkan koleksi kain tradisional Indonesia kepada peserta WSA (Foto: Inspirator Freak)

Menghadapi akulturasi budaya, Wattimena mengatakan bahwa budaya juga harus move on agar tidak mati. Dalam berkarya pun harus berdinamika. Kalau tidak ada kreativitas, budaya akan stuck.

Berkaitan dengan tourism, lanjutnya, jangan hanya terfokus pada penjualan tetapi juga memberikan pemahaman kepada audiens tentang produknya. Disamping itu, ia menekankan pentingnya membawa unsur heritage sebagai modal yang memperkaya produk.

“Heritage itu untuk memperkaya wawasan kita, kalau tidak kita akan kering karena heritage adalah mata air.” tegasnya. Sayangnya pengetahuan akan heritage, dalam hal ini kain tradisional, bangsa Indonesia sangat jauh tertinggal dengan bangsa asing. Hal itu terbukti dari mayoritas buku-buku tentang kain yang ditulis oleh penulis asing.

“Kedepannya agar tidak seperti itu adalah knowledge is power. Ketika kamu tidak memiliki power, kamu tidak memiliki pengetahuan.” tambahnya. Ia pun mengingatkan budaya boleh move on tetapi jangan sampai kehilangan identitas diri.

“Being local is the power of global business.”- Samuel Wattimena

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here