Kamu tidak perlu bergabung dengan “komunitas hijau” untuk membantu menjaga Bumi supaya tetap layak huni bagi generasi mendatang. Secara independen pun, kamu bisa memulai dengan memanfaatkan ulang sampah dapur yang biasanya langsung dibuang. Meskipun disebut “sampah”, ternyata ada limbah dapur yang masih berguna tanpa kamu perlu menghancurkannya hingga lumat atau menjadikannya kompos.

Apa saja sampah dapur yang masih bisa kamu manfaatkan ulang?

♡ Kulit pisang

Photo credit: livspace.com

Sebelum dibuang, manfaatkan kulit pisang untuk menggosok sepatu kulitmu sampai bersinar sehingga kelihatan seperti baru. Kamu bisa menyingkirkan zat-zat kimia berbahaya dan menggosok peralatan makanmu yang mahal dengan kulit pisang supaya kinclong. Makan buahnya, manfaatkan juga kulitnya.

♡ Kulit jeruk

Photo credit: livspace.com

Jeruk terkenal kaya vitamin C yang efektif untuk mencegah sariawan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit (apalagi bagi Inspirator yang menjalani puasa Ramadan), dan membantu mempercepat pemulihan bagi orang sakit.

Tetapi, tahukah Inspirator bahwa kebaikan jeruk juga ada di kulitnya? Iris tipis-tipis kulit jeruk, lalu kunyah-kunyah untuk mengurangi bau napas tak sedap. Remas-remas sampah kulit jerukmu lebih dulu sebelum dimasukkan ke tong sampah untuk meredam baunya.

♡ Mahkota nanas

Photo credit: livspace.com

Buah tropis ini memiliki paduan rasa manis dan asam yang unik dan segar, apalagi bagi penikmat rujak yang melahapnya dengan cocolan bumbu pedas. Jika kamu memiliki kebun atau pot tanaman, kamu bisa menanam mahkota nanas yang daunnya masih segar. Sekian waktu kemudian, kamu punya tanaman nanas sendiri.

♡ Kulit kentang

Photo credit: livspace.com

Kentang lezat untuk dimasak menu apa saja–sup, gulai, perkedel, harshbrown, keripik kentang, kentang goreng. Kulitnya? Pasti langsung dibuang. Nah, ternyata kulit kentang memiliki kandungan yang bisa mencegah bakteri menginfeksi luka lebih jauh. Jika terjadi luka goresan atau lecet di tubuhmu, tempelkan langsung sisi dalam kulit kentang di bagian yang luka.

♡ Kulit semangka

Photo credit: livspace.com

Mulai sekarang, habis makan semangka, jangan langsung buang kulitnya. Inspirator yang berjerawat bisa memanfaatkannya. Kulit semangka bisa berperan sebagai mekanisme antijerawat yang hebat. Simpan kulit semangka di kulkas, setiap kali diperlukan gosokkan langsung di kulitmu dengan lembut untuk meredakan peradangannya.

♡ Kulit telur dan kacang

Photo credit: livspace.com

Cangkang telur dan kulit luar kacang tanah bisa kamu manfaatkan ulang sebagai pupuk alami karena bisa menambah kandungan kalsium dan udara di dalam tanah. Selain itu juga menjadi tambahan yang bagus untuk kompos karena bisa membantu perkembangbiakan cacing tanah yang berperan penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah. Remukkan cangkang telur atau kulit kacang dan baurkan di tanah, tanamanmu pun tumbuh sehat dan sejahtera.

Tidak disangka, limbah pun masih bisa berguna. Sekarang setelah kamu tahu sampah dapur bisa kamu manfaatkan ulang, niatkan untuk menjadikannya kebiasaan, ya.

Bagi kamu pecinta teh, kantongan teh celup bekasmu jangan langsung dibuang karena masih bisa dimanfaatkan ulang. Cari tahu apa saja manfaatnya di sini.

(Dirangkum dari: livspace.com)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY