Sambut MotoGP di Indonesia, Sirkuit Jakabaring Siap Dibangun

Sambut MotoGP di Indonesia, Sirkuit Jakabaring Siap Dibangun
Foto: Motogp.com

Rencana Pemerintah Daerah (Pemda) Sumatera Selatan untuk menggelar MotoGP di Indonesia menjadi kabar gembira tak hanya bagi penggemar MotoGP tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya ajang balap motor kelas dunia itu akan kembali membawa nama Indonesia ke pentas dunia.

Hal tersebut akan segera terwujud dengan dibangunnya Sirkuit Jakabaring oleh Pemda Sumsel. Seperti dilansir dari Otomania.com, tim perancang dari Sirkuit Jakabaring, Tilke GmBh, akan mendatangi Indonesia pada akhir januari ini. Kedatangan tim insinyur dari perusahaan Jerman itu untuk menindaklanjuti hasil pertemuan Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan pihak Dorna sebagai penyelenggara MotoGP di Sepang Malaysia.

Setelah pertemuan di Malaysia, masterplan Sirkuit Jakabaring sudah dipresentasikan kepada FIA (Federation Internationale de I’Automobile) dan FIM (Federation Internationale de Motocylisme).

Foto: Kompas.com
Masterplan Sirkuit Jakabaring. (Foto: Kompas.com)

“Tim Hermann Tilke melanjutkan dengan detail pembangunan, datang ke Palembang bertemu dengan jajaran pemerintah dan instansi yang berkaitan dengan rencana pembangunan tersebut,” kata Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indoensia (IMI). Detail pembangunan yang dimaksud, meliputi proses drainase, spesifikasi aspal, dan desain tribun. Semuanya akan diolah, namun tetap berdasarkan masterplan yang ada.

Fyi, Ajang balap motor dunia atau MotoGP sebenarnya bukan yang pertama di Indonesia. Pada tahun 1996 dan 1997 Indonesia pernah menjadi tuan rumah seri Grand Prix di Sirkuit Sentul, Bogor. Valentino Rossi pun pernah meraih podium utama di Sirkuit Sentul pada 1997.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here