Sama-Sama Sumber Karbohidrat, Apa Bedanya Nasi dan Kentang?

Photo: klikdokter.com

Nasi dan kentang merupakan sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi. Meskipun keduanya sama-sama mengenyangkan, nasi dan kentang memiliki perbedaan yang tetap harus diperhatikan. Simak penjelasan di bawah ini supaya kamu tahu perbedaan nasi dan kentang ya, Inspirator.

Kandungan vitamin B yang berbeda

Photo: sindonews.com

Nasi dan kentang memiliki kandungan vitamin B dengan jumlah berbeda. Dalam 100 gram kentang terdapat 0,211 mg vitamin B, sedangkan nasi mengandung 0,05 vitamin B. Vitamin B dibutuhkan tubuh untuk mengolah karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energi. Maka dari itu, dalam sehari, tentunya kamu harus memperoleh karbohidrat yang cukup untuk kesehatan tubuhmu.

Serat

Kandungan serat yang ada di kentang lebih tinggi daripada nasi. Serat berguna untuk membersihkan saluran pencernaan sekaligus dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dalam 100 gram kentang, terdapat 2,2 gram serat. Tentunya kandungan serat di kentang lebih tinggi dibandingkan nasi yang hanya mengandung 0,4 gram serat dalam 100 gram nasi.

Photo: selera.id

Dibandingkan dengan kentang, nasi memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan kalori lebih tinggi. Meskipun mengonsumsi nasi dan kentang dalam jumlah sama, kamu akan merasa lebih kenyang saat mengonsumsi kentang. Mengapa begitu? Karena kentang memiliki indeks glikemik rendah–ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat diubah menjadi gula–sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan jika mengonsumsi nasi.

Itulah perbedaan secara umum antara nasi dan kentang. Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, menjadikan kentang sebagai sumber karbohidrat merupakan pilihan tepat. Tetapi, kentang tidak disarankan untuk penderita diabetes, sehingga harus mencari alternatif sumber karbohidrat lain–misal ubi, labu kuning, jagung.

Kalau kamu memerlukan karbohidrat dan lemak lebih banyak, sebaiknya kamu mengonsumsi nasi. Jadi, meskipun nasi dan kentang merupakan sumber karbohidrat, keduanya punya karakteristik berbeda yang cara mengonsumsinya pun harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

(Diolah dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here