Salah Satunya Ada di Asia, Ini Gurun Paling Berbahaya di Dunia

Photo: sidetracked.com

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar kata gurun? Hamparan pasir luas sejauh mata memandang dan gersang tanpa pepohonan, bukan?

Gurun pasir adalah daerah di dataran Bumi dengan curah hujan sangat sedikit, sehingga memiliki udara yang bersifat kering dan jarang ditemukan tumbuhan di sana. Selain itu, karena gurun dikenal sebagai tempat kering, jarang ada makhluk hidup mampu bertahan hidup di sana.

Hanya hewan dan tumbuhan tertentu yang dapat bertahan hidup di gurun, seperti kaktus dan unta. Maka dari itu, gurun merupakan tempat yang tidak cocok bagi manusia dan juga berbahaya. Berikut ini daftar gurun paling berbahaya di dunia. Kenapa disebut berbahaya, ya? Penasaran?

Gurun Pasir Dasht-e Lut

Photo: Shutterstock

Letaknya ada di Iran dan disebut gurun paling berbahaya karena merupakan gurun terluas di dunia dengan suhu sangat panas. Kondisi ini pas dengan namanya, yang berarti “Lembah Kekelaman”.

Gurun Pasir Death Valley

Photo: pixabay | Death Valley California

Namanya menyeramkan, ya? Death Valley adalah gurun pasir gersang di California. Sama seperti Dasht-e Lut, gurun ini punya suhu sangat panas, bisa mencapai 56,7 derajat Celcius.

Gurun Pasir Rub Al’Khali

Photo: sidetracked.com

Gurun sudah terkenal sebagai tempat panas dan gersang. Nah, Gurun Pasir Rub Al’Khali di Semenanjung Arab ini suhunya bisa mencapai 56 derajat Celcius lho, Inspirator. Siapa pun yang ingin menyeberang dan melewati gurun ini, harus mempersiapkan perbekalan yang cukup dan juga memakai alas kaki tebal.

Gurun Pasir Kebili

Photo: Flickr | Gurun Pasir Kebili, Tunisia

Suhu di gurun ini sekitar 55 derajat Celcius, suhu yang berbahaya untuk manusia. Tetapi, Gurun Pasir Kebili juga terkenal sebagai gurun pasir yang memiliki pemandangan indah.

Gurun Pasir Gobi

Photo: wardahazza.blogspot.com | Gurun Pasir Gobi

Menjadi salah satu gurun paling besar di Asia dan juga memiliki suhu ekstrem. Pada musim dingin, suhu di Gurun Gobi bisa mencapai -40 derajat Celcius.

Ternyata, suhu yang ekstrem menjadikan semua gurun pasir di atas sebagai gurun pasir paling berbahaya di dunia. Nah, sekarang kamu jadi tahu kan, gurun pasir mana saja yang paling berbahaya di dunia?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here