Roby Dwi Antono, Pelukis Pop Surealis Indonesia yang Mendunia

Salah satu karya Roby Dwi Antono

Melihat berbagai karya lukisan realis barangkali sudah menjadi barang biasa, mengingat penikmat karya lukisan realisme bisa menebak secara langsung makna di balik lukisan yang dilihatnya. Namun, bagaimana jika lukisan yang ditampilkan adalah karya surealisme? Tentu akan membuat penikmatnya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap makna lukisan tersebut. Surealis dalam seni lukisan menunjukkan kebebasan dan menggambarkan berbagai kejutan yang melampaui batas logika oleh si pegiat seni itu sendiri.

Apa reaksi kamu jika melihat salah satu lukisan tadi?

Secara sepintas mungkin kamu akan dibuat takut dan merinding melihat lukisan seperti ini. Lukisan ini sekilas seperti mimpi-mimpi dalam kisah Alice in Wonderland. Seorang pria berkepala ikan dengan setelan jas merah, gadis berkepala bola kaca berisi air dan sosok makhluk aneh tengah duduk di meja makan. Di antara mereka ada tiga anak perempuan dengan wajah tertunduk dan seekor bangau. Mereka mengelilingi meja makan seakan siap menyantap hidangan ikan raksasa dengan satu kepala manusia yang besar.

Mungkin bagi sebagian orang ketika melihat lukisan di atas akan menginterpretasikannya dengan beragam penafsiran. Bisa kagum, heran, bahkan takut atau merinding karena dirasa aneh.

Karya Roby berjudul The Colossus | Sumber: galeriestephanie.com

Lukisan ini dibuat oleh seorang pelukis muda pop surealis tanah air bernama Roby Dwi Antono, yang karya-karyanya sudah mendunia. Pemuda kelahiran 30 September 1990 ini mengombinasikan unsur khayalan anak-anak dengan gaya pop surealis dalam lukisannya. Maka Roby menghasilkan beberapa karya yang terkesan menyeramkan seperti kanibalisme, kesedihan, kekerasan. Ciri khasnya ini berangkat dari berbagai pengalaman hidupnya sendiri.

“Aku akui banyak karyaku berbau kesedihan, rasa sakit, misteri serta tema-tema gelap lainnya. Aku memang dekat melankolia. Inspirasiku datang dari hal-hal yang dekat denganku—keluarga misalnya. Ada beberapa hal yang menyedihkan terjadi pada keluargaku. Salah satu kakakku mati mendadak. Kejadian ini sangat mengguncang untuk diriku dan keluargaku. Ini yang kemudian jadi inspirasi karya-karya awalku.” ujar Roby seperti dilansir dalam vice.com.

Roby Dwi Antono

Karya Roby memiliki unsur teka-teki, lucu, imut, sedih, bahagia, dan misteri yang mengarah pada dunia mimpi. Hal inilah yang membuat penikmat karya Roby menjadi penasaran dan menimbulkan berbagai macam interpretasi.

Salah satu karya Roby berjudul Mengkristal, Lelah kemudian Merekah | Sumber: lobilob.blogspot.co.id

Lukisan-lukisan Roby kerapkali dipamerkan dalam berbagai ajang bergengsi seperti ART Stage yang diadakan di Singapore dan Art Fair Tokyo.  Karya Roby juga menghiasi sampul album band dream pop asal Denmark Sleep Party People. Pada tahun ini Roby akan mengikuti bursa seni Art Phillipine dan ajang tahunan Bazaar Art Jakarta 2017. Ia juga berencana untuk menggelar pameran tunggal suatu saat nanti.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here