Rinaldy A. Yunardy–Desainer Fashion Art Accessories Indonesia yang Karya Indahnya Laris Dipakai Seleb Dunia

    Belum selesai kekaguman masyarakat Indonesia karena Madonna dan Nicky Minaj memakai karya desainer fashion art accessories ini, publik kembali terpesona karena Beyoncé memakai anting hasil desain Rinaldy A. Yunardi di video klip terbarunya, Apeshit.

    Foto: Beyoncé/Instagram @rinaldyyunardi

    Sebelumnya, di acara Met Gala tahun ini yang bertema Heavenly Bodies: Fashion and The Catholic Imagination, gaya fesyen Madonna menarik perhatian semua orang dengan busana serbahitam dan aksesori mahkota berbentuk salib warna emas yang ternyata buatan Rinaldy A. Yunardi. Kalung rosario yang dipakai Madonna pun karya desainer aksesori Indonesia ini.

    Foto: Madonna/Instagram @rinaldyyunardi

    Tahun lalu, diva internasional bersuara indah, Mariah Carey, memakai tiara cantik karya Rinaldy dalam satu pemotretan dengan Paper Magazine edisi Agustus 2017.

    Foto: Mariah Carey/Instagram @rinaldyyunardi

    Mendesain tanpa menempuh pendidikan khusus

    Rinaldy Arvino Yanuardi, atau lebih dikenal dengan panggilan Yungyung, maestro aksesori Indonesia kelahiran Medan, 13 Desember 1970, ini mengawali kariernya sebagai desainer aksesori tanpa mengecap pendidikan tertentu–alias secara otodidak.

    Begitu lulus SMA tahun 1990, Yungyung muda memutuskan untuk tidak berkuliah karena dia merasa tidak cocok dengan sistem perkuliahan. Rinaldy memutuskan langsung bekerja sebagai pegawai kantoran. Saat masih bekerja Yungyung berkenalan dengan desainer baju pengantin ternama saat itu, (alm) Kim Tong, yang berkata Rinaldy tidak cocok menjadi pegawai yang bekerja di balik meja.

    Almarhum Kim Tong ini yang memperkenalkan Yungyung pada dunia fesyen dengan memperlihatkan tiara yang sengaja almarhum bawa dari luar negeri. Diperkenalkan dengan hiasan kepala itu, Rinaldy mengaku sama sekali buta tentang proses pembuatan, teknik, desain, dan lain-lain.

    Karya pertama Rinaldy tercipta tahun 1996, berupa tiara cantik, yang mendapatkan banyak sambutan positif dari masyarakat luas, tidak terkecuali pecinta fesyen Tanah Air.

    Karya pertama Rinaldy A. Yunardi/Foto: Okezone

    Tiara itu membawa Rinaldy A. Yunardi berkenalan dengan desainer Didi Budiardjo dan Sebastian Gunawan yang kemudian mengajaknya bekerja sama. Tidak hanya tiara, Rinaldy kemudian membuat berbagai macam aksesori seperti kalung, gelang, cincin, dan hiasan kepala dengan ragam bahan material tidak biasa, antara lain akrilik, kawat, paper clay, ijuk, tali, bulu, kertas, rambut, kayu, dan lain-lain.

    Rinaldy menyebutkan nama profesinya adalah desainer fashion art accessories, karena merupakan karya seni dengan menyertakan sentuhan hati yang cenderung mengarah ke fesyen daripada perhiasan semata.

    Selain Madonna, Beyoncé, Nicky Minaj, bintang dunia lain yang pernah memakai karya Rinaldy antara lain Katty Perry dan sosialita Paris Hilton, sedangkan bintang papan Indonesia yang pernah memakai karya rancangannya salah satunya Agnez Mo.

    22 tahun berkarya

    Tahun ini genap 22 tahun Rinaldy A. Yunardi berkarya dan berbisnis. Perjalanannya selama dua dekade tentu saja tidak selalu mulus. Halangan dan kesulitan kerap dia alami, mulai dari soal manajemen teknis hingga diserang haters di media sosial. Tetapi, semua rintangan itu dia jadikan motivasi untuk bisa berkarya lebih baik lagi bagi Indonesia. Dia selalu percaya di balik hinaan atau cibiran yang dia dapatkan masih banyak orang yang menantikan, mencintai, dan memuji karyanya secara tulus.

    Profesi desainer fashion art accessories memang belum populer di Indonesia, tapi Rinaldy punya saran untuk juniornya yang bercita-cita menjadi  desainer aksesori. Ketika memutuskan untuk memilih menekuni profesi ini, harus yakin ini memang passion yang ingin dilakoni dalam hidup. Kalau hanya dijadikan batu loncatan, atau sekadar iseng, jangan pernah berharap untuk bisa berkembang.

    Sebagai desainer dan seniman, Rinaldy menyimpan harapan suatu hari nanti pemerintah membangun museum seni yang memamerkan karya seniman dalam negeri, supaya bukti sejarah dari jejak-jejak seniman kita bisa dinikmati generasi mendatang. Untuk dirinya sendiri, tentu saja dia berharap usahanya terus maju, dia terus bereksperimen, dengan tetap mempertahankan nama baik.

    Penghargaan yang pernah diterima Rinaldy A. Yunardi

    – 2004 NOKIA AWARD ACCESSORIES DESIGNER OF THE YEAR
    – 2015 1ST & ONLY ACCESSORIES DESIGNER INDUCTED INTO ASIAN COUTURE FEDERATION
    – 2016 DESIGNER OF THE YEAR–INSERT AWARDS
    – 2017 JAKARTA FASHION & FOOD FESTIVAL FASHION ICON AWARD
    – 2017 FORBES INDONESIA “RISING GLOBAL STARS” AWARD
    – 2017 WORLD OF WEARABLE ART SUPREME
    – WOW AWARD THE ULTIMATE ACHIEVEMENT FOR A WEARABLE ART DESIGNER
    – WINNER OF AVANT GARDE SECTION WITH HIS ENTRY “COSMOS”
    – WINNER OF OPEN SECTION WITH HIS ENTRY “ENCAPSULATE”

    Keep Breathing, Keep Inspiring!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here