Rh-nol, Tipe Darah Langka yang Dimiliki Tidak Sampai 50 Orang di Seluruh Dunia

Kamu pasti sudah tahu apakah tipe darahmu A, B, AB, 0 (nol), atau Rhesus (Rh), dan apakah positif atau negatif. Apakah kamu berpikir ini sudah mewakili semua kategori? Apakah ada tipe darah lain yang tidak sesuai dengan karakteristik dua kelompok besar tipe darah ini, sehingga bisa dianggap tipe darah langka?

Australian Academy of Science punya jawabannya.

Ada ratusan antigen berbeda di antara lebih dari 36 sistem kelompok darah yang mungkin terdapat di sel darah manusia. Misalnya, kamu mungkin memiliki tipe AB di dalam sistem AB0, termasuk Rh negatif di sistem Rhesus, sekaligus K positif di sistem Kell, dan seterusnya.

Tipe darah langka

Kamu termasuk memiliki tipe darah langka jika darahmu kehilangan antigen yang lazim dimiliki kebanyakan orang, atau jika darahmu memiliki antigen yang kebanyakan orang tidak memilikinya. Katakan darahmu tidak memiliki antigen yang biasanya dimiliki kebanyakan orang; jika kamu menerima transfusi dari darah “biasa” yang memiliki antigen umum, darah dari luar itu akan dianggap “asing”–yang bisa memicu respons kekebalan tubuh yang berpotensi mendatangkan bencana.

Photo credit: Google Internet

Sebaliknya, jika darahmu memiliki antigen langka, lalu diperkenalkan ke tubuh pasien yang tidak memiliki antigen itu di sel darah merahnya, antigen langka ini juga akan dianggap “asing”.

Seberapa langka pemilik “darah emas”?

Salah satu tipe darah paling langka di dunia adalah Rh-nol (Rh-null), yang oleh para dokter disebut “darah emas”. Orang dengan tipe darah ini sama sekali tidak memiliki antigen Rh apa pun. Tipe darah ini dulu ditemukan di sel darah seorang suku Aborigin (suku asli Australia), dan keberadaannya sangat langka. Kurang dari 50 orang yang diketahui memiliki tipe darah Rh-nol selama 50 tahun setelah ditemukan.

Kelangkaan tipe darah ini sudah jelas karena jumlah pendonornya sangat sedikit, dan pastinya sangat sulit mencari darah yang sesuai jika pemilik tipe darah Rh-null butuh transfusi. Nasib mereka bergantung pada kerja sama sekelompok kecil pendonor rutin Rh-nol di seluruh dunia untuk memastikan tipe darah langka ini selalu tersedia ketika dibutuhkan.

Photo credit: Australian Academy of Science

Data terakhir menyebutkan, hanya 43 orang di seluruh dunia yang memiliki tipe Rh-nol. Keistimewaan “darah emas” ini adalah dapat menjadi donor yang sesuai bagi semua jenis golongan darah.

Menariknya, karena alasan-alasan yang tidak dimengerti dengan baik oleh ilmuwan, tidak semua antigen “asing” sama kemungkinannya dijadikan target pengrusakan oleh antibodi seseorang. Maka, meskipun secara keseluruhan ada 36 sistem kelompok darah yang dikenal, hanya ada beberapa tipe tertentu yang harus diperhatikan secara cermat oleh dokter dan pasien ketika menyangkut transfusi darah.

Kalau kamu ingin kenal lebih akrab dengan tipe-tipe darah, baca di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here