Cover Buku Biografi "Andy Noya Kisah Hidupku"

Penulis                                 : Robert Adhi KSP Editor                                   : Andina Dwifatma Penerbit                               : Kompas ISBN                                     : 978-979-709-954-1 Jumlah halaman                   : 436 Harga                                    : 89.000 Hai Inspirator!, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan sosok wartawan senior yang kini menjadi host kondang yaitu Andy Noya. Namanya semakin berkibar saat ia menjadi host di acara Kick Andy. Namun hanya sebagian orang yang tahu kisah hidupnya untuk menggapai kesuksesan hingga sekarang ini penuh lika-liku.

Kali ini ia menceritakan kisah hidupnya ke dalam sebuah buku biografi berjudul Andi Noya Kisah Hidupku yang saat ini menjadi salah satu buku bestseller. Buku biografi ini merupakan hasil kolaborasi Andy Noya dan Robert Adhi KSP. Buku setebal 436 halaman ini terbagi dalam 11 BAB yang ditulis secara apik oleh keduanya.

Buku ini penuh dengan kejutan-kejutan yang menarik serta sisipan foto-foto kenangan Andy Noya yang membuat kisah-kisahnya terasa semakin hidup. Masa kecil Andy Noya dihabiskan di Surabaya bersama Ibu dan kedua kakaknya. Namun kehidupannya tidak mudah dan serba kekurangan. Terlebih pada saat itu dia juga keturunan campuran yang sering di-bully oleh teman-temannya. Menjadi anak broken home serta hidup yang terus menerus berpindah tempat membuatnya menjadi anak yang nakal bahkan pernah tidak naik kelas. Kedua kakaknya bahkan pernah meramalkan Andy Noya kelak akan menjadi seorang penjahat.

Selain itu banyak sekali kisah-kisah lain seperti cerita tentang Ibu Ana, kehidupan “jalanannya” di Malang, masa-masa kuliahnya di Sekolah Tinggi Publisistik (STP) Jakarta (sekarang Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta) dan yang tidak kalah seru kisah perjuangannya saat ia mulai merintis karirnya sebagai jurnalis media cetak maupun televisi hingga kiprahnya sebagai host kondang dalam acara Kick Andy.

Itulah cuplikan cerita dari buku biografi Andy Noya. Nah, sekarang IF akan bagikan 5 karakter teladan yang ada pada sosok Andy Noya dalam buku ini agar dapat kita terapkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

1. Jujur                                   

Jujur adalah hal yang  paling mendasar. Sifat ini sudah melekat pada Andy Noya. Selama menjadi wartawan ia diceritakan tidak pernah menerima “amplop” dalam bertugas, karena ia selalu memegang teguh kejujuran.

2.Punya prinsip

Orang yang mempunyai prinsip kuat akan tahan banting walaupun banyak rintangan yang menghadang. Andy bukanlah sosok yang mudah terbawa arus, justru ia yang mengatur arus. Prinsip inilah yang dipegang oleh Andy Noya saat ia bekerja bersama Surya Paloh di Media Indonesia maupun di Metro TV.

3.Menyukai Tantangan Baru

Andy Noya adalah orang yang tidak cepat puas. Ia cenderung mencari tantangan baru yang justru membuatnya semakin berkembang. Ia melihat tantangan sebagai peluang bukan hambatan dalam pengembangan diri.

4.Passion

Saat ia menyadari passion-nya dibidang jurnalistik, ia rela melepas beasiswa ke IKIP Padang demi bisa menimba ilmu jurnalistik di STP walaupun saat itu dia adalah anak sekolah teknik yang tidak dapat masuk STP serta kondisi keuangannya yang sedang buruk. Namun karena passion inilah yang membuatnya terus bertahan hingga ke puncak karir.

5.Tegas

Ketegasan ini sangat dirasakan saat ia menjabat sebagai pemimpin redaksi. Di kehidupan sehari-hari kita terkadang perlu tegas terhadap diri kita sendiri maupun orang lain. Menurut Andy Noya tidak ada zona abu-abu, semuanya harus diputuskan dengan memilih hitam atau putih. Buku ini bisa banget kalian gunakan untuk refleksi sekaligus pengembangan diri sendiri. Buku biografi ini selain mengenal lebih dalam terhadap sosok Andy Noya, juga mengajarkan kita mengenai kehidupan dan kebaikan pada sesama.

Seperti salah satu kutipan pada halaman pembuka dari buku ini, “Tidak perlu menunggu untuk bisa menjadi cahaya bagi orang-orang yang ada di sekililingmu. Lakukan kebaikan, sekecil apapun, sekarang juga.”

Keep Breathing Keep Inspiring!

Penulis : Novi Yanti

Editor   : Dylan Aprialdo Rachman

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY