Restoran Ini Berdayakan Penderita Demensia Untuk Mengubah Persepsi Publik

Foto: Mymodern.net

Demensia atau penurunan fungsional otak di usia lanjut menjadi momok bagi siapapun. Di seluruh dunia, demensia mempengaruhi 47,5 juta orang dengan 9,9 juta kasus baru setiap tahunnya. Untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini, sebuah distrik di Jepang menggelar restoran dadakan yang memberdayakan penderita alzheimer dan demensia.

Restoran dadakan bernama “The Restaurant of Order Mistakes” ini digelar selama tiga hari, mulai dari 2 hingga 4 Juni lalu. Uniknya, para pekerjanya adalah mereka yang menderita alzheimer dan demensia. Hal ini dilakukan untuk mengubah persepsi publik tentang orang-orang yang menderita demensia atau alzheimer.

The Restaurant of Order Mistakes memiliki staf dapur dari para profesional. Sementara enam pelayan penderita alzheimer dan demensia melayani pesanan pelanggan. Enam pelayan penderita alzheimer dan demensia ini menyabut pelanggan dengan senyum, menerima pesanan dan menyajikan makanan kepada pelanggan.

Menariknya tidak semua pelanggan mendapatkan makanan yang dipesan. Namun inilah pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan, betapa penyakit ini sangat mempengaruhi kemampuan otak si penderita.

Foto: Mymodern.net

Seorang food blogger, Mizuho Kudo melalui akun Twitternya menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke restoranitu. Saat ia memesan menu hamburger, makanan yang ia terima malah pangsit gyoza. Meski demikian, dia mencatat, semuanya menyenangkan dan makanannya tetap dinikmati.

Setelah sukses digelarnya restoran dadakan ini, panitia berencana untuk menyelenggarakan acara lain untuk memperingati Hari Alzheimer Dunia pada tanggal 21 September nanti.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here