Resmi! Bandara Internasional Kertajati Jadi Bandara Kedua Terbesar di Indonesia

Photo: constructionplusasia.com

Bandara kedua terbesar di Indonesia

Kamis (24/05), Indonesia punya satu bandara baru lho, Inspirator. Namanya Bandara Internasional Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Bandara ini terletak di Kabupaten Majalengka dan merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia–setelah Bandara Soekarno-Hatta.

Bangunan Bandara Internasional Kertajati sangat luas karena dibangun di tanah berukuran 1.800 hektar dengan landasan pacu berukuran 2.500 x 60 meter. Rencananya, landasan pacu ini masih akan diperbesar. Karena ukuran bandara ini sangat luas, diperkirakan dapat menampung 5,6 juta penumpang.

Melalui akun Instagramnya, Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, memposting pesawat kepresidenan yang mendarat perdana di Bandara Internasional Kertajati dan disambut seremoni water salute. Begini postingan Presiden R.I.:

Dicanangkan sejak satu dekade lalu

Proyek bandara ini sudah dicanangkan sejak sepuluh tahun lalu, Inspirator, dan pada 24 Mei 2018 akhirnya resmi dibuka. Untuk saat ini, Bandara Internasional Kertajati baru melayani lima rute penerbangan, yaitu Kertajati-Denpasar, Kertajati-Surabaya, Kertajati-Ujung Pandang, Kertajati-Balikpapan, dan Kertajati-Medan. Kamu berencana untuk terbang ke kota-kota itu? Nggak ada salahnya nih, mencoba bandara baru ini.

Meskipun baru melayani penerbangan domestik, ke depannya bandara ini juga melayani penerbangan internasional. Selain itu, Bandara Internasional Kertajati akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Patiban yang berjarak kurang lebih 40 km. Baiklah, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, ya!

Oh ya, Bapak Jokowi juga memposting video pendaratan perdana pesawat kepresidenan, lho! Penasaran seperti apa? Coba tonton video berikut.

Wah, keren! Lagi-lagi Indonesia terus berbenah dari segi insfrastuktur ya, Inspirator. Menteri Perhubungan mengatakan mulai 8 Juni 2018 sudah ada penerbangan komersil yang masuk. Semoga bisa membantu mengurai kepadatan arus mudik lebaran tahun ini, ya!

Kehadiran bandara baru ini akan lebih memudahkan masyarakat Jawa Barat untuk melakukan penerbangan domestik dan internasional, karena mereka tidak perlu ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta lagi. Diharapkan, kehadiran bandara ini mempermudah mobilitas masyarakat Jawa Barat dan dapat berdampak pada meningkatnya perekonomian warga sekitar bandara. Yuk, untuk kamu warga Jawa Barat, wajib coba bandara ini!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here