Teknik Relaksasi Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Stres–Bisa Dilakukan di Rumah, Lho

Saat beban pekerjaan meningkat, kamu rentan mengalami stres. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit, misalnya sakit kepala pada bagian tertentu, jantung, depresi, penuaan dini, dan sebagainya. Kalau selama ini kamu sudah mengidap penyakit tersebut, stres akan memperparah kondisi tubuhmu. Kamu pasti tidak mau hal mengerikan itu terjadi, kan?

Coba lakukan teknik relaksasi sederhana untuk mengatasi stres. Tidak perlu relaksasi rumit dan mahal, karena kamu bisa mengatasi stres dengan teknik mudah. Teknik relaksasi sederhana di rumah ini sebaiknya kamu lakukan secara rutin ya, Inspirator.

1. Latihan pernapasan

Photo: google

Ini cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu mengalami gejala stres, segera hela napas dalam-dalam. Atur posisi tubuh senyaman mungkin, tarik napas panjang dari hidung secara perlahan dan embuskan dari mulut. Pejamkan matamu supaya lebih fokus, sambil bayangkan udara bersih masuk mengisi paru-parumu, dan udara kotor keluar dari tubuhmu. Ulangi teknik pernapasan ini sampai kamu merasa lebih tenang.

2. Meditasi

Photo: google

Duduk senyaman mungkin di lantai dengan dua kaki terlipat. Pejamkan mata dan buang semua pikiran yang mengganggu benakmu. Lakukan meditasi secara rutin lima menit setiap hari, karena teknik ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan lho, Inspirator.

3. Mendengarkan musik

Photo: google

Banyaknya pilihan jenis musik tentu memberikan efek berbeda-beda. Kalau kamu mau melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik, pilih yang iramanya menenangkan atau bersemangat. Pejamkan matamu dan ambil posisi senyaman mungkin saat mendengarkannya.

Sebuah penelitian menyebutkan musik dapat meredakan kecemasan, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan tekanan darah. Rugi kalau kamu tidak mencoba teknik relaksasi sederhana ini.

4. Yoga

Photo: google

Saat kamu melakukan gerakan yoga, kamu akan mendapatkan latihan pernapasan dan peregangan otot yang berfungsi untuk membuat mood lebih baik. Gerakan-gerakannya yang santai dapat membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia.

Itulah beberapa teknik relaksasi sederhana untuk mengusir stres yang bisa kamu lakukan di rumah. Kalau kamu mengalami stres, jangan langsung melarikan diri ke hal negatif–makan banyak, menangis semalaman, memukul, atau melempar benda, dan sebagainya. Cukup lakukan teknik relaksasi yang sesuai untukmu, kurang dari 15 menit pun cukup asalkan rutin, dan rasakan manfaatnya dalam kehidupanmu sehari-hari. Suasana hatimu akan lebih ringan, kamu pun lebih mudah untuk bahagia. Dan hati yang bahagia adalah magnet untuk mukjizat.

Jika kamu ingin mencoba cara lain untuk menghilangkan stres, ada lho, teknik pengobatan Tiongkok untuk redakan stres.

Sudah siap untuk mempraktikkannya, Inspirator?

(Sumber: AloDokter)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here