Rayakan Hari Penerbangan Antariksa Internasional dengan 5 Film Keren Ini

antariksa
Foto: Youtube.com

Selamat pagi, Inspirator!

Kita pasti sudah tahu banyak tentang eksplorasi angkasa luar yang sering sekali muncul dalam media di sekitar kita. Misteri yang diungkapkan latar ini kerap menjadikannya sebagai fokus pembahasan ilmiah maupun setting karya seni. Hal ini justru memotivasi para peneliti dan astronot untuk menjelajahi alam tersebut melalui penugasan misi luar angkasa dan pengiriman berbagai macam pesawat dan satelit.

Nah, masih dalam suasana Hari Penerbangan Antariksa Nasional, ada banyak sekali cara bagi kita untuk ikut merayakan keberhasilan para lembaga spaceflight yang sudah berjasa bagi kita. Salah satunya adalah dengan menonton film yang berkaitan dengan luar angkasa, yang sudah diabadikan, dipopulerkan, dan disebarluaskan oleh para pembuat film yang ambisius dan bertalenta.

Berikut adalah 5 film keren yang wajib Inspirator tonton:

Europa Report

Foto: Popsci.com

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini berkisah tentang ekspedisi sekelompok astronot ke salah satu satelit Jupiter, yaitu Europa. Perjalanan mereka dipenuhi berbagai macam krisis yang membuat mereka kehilangan segala bentuk komunikasi dengan Bumi. Film bergenre sci-fi ini termasuk film found footage, yaitu film di mana adegannya terlihat seperti direkam dengan video kamera biasa. Meskipun begitu, sutradara Sebastián Cordero mengemas Europa Report dengan begitu handalnya sehingga dapat dinikmati oleh penonton dari awal hingga akhir.

Alien

Foto: S3.foxmovies.com/

Karya Ridley Scott pada tahun 1979 ini adalah suatu film legendaris yang tak lekang waktu. Alien merujuk pada suatu makhluk luar angkasa yang mengikuti dan membunuh kru sebuah pesawat luar angkasa. Film ini dianggap melampaui masanya dengan visual effects canggih dan kisah yang unik dan menegangkan. Alien meraih berbagai macam penghargaan pada masanya, termasuk Oscar, dan sampai sekarang dipandang sebagai salah satu film terbaik.

Apollo 13

Foto: Media.nrj.fr

Selain dibintangi oleh aktor papan atas Hollywood yaitu Tom Hanks dan Kevin Bacon, film ini sukses karena mengangkat peristiwa misi pendaratan di Bulan oleh Amerika Serikat dengan mahir dan dramatis. Dalam plot film tahun 1995 ini, ketiga astronot yang bertugas mendarat di Bulan justru kehabisan oksigen karena adanya ledakan di dalam pesawat mereka, sehingga misi terpaksa dibatalkan dan konflik berpindah ke cara untuk menyelamatkan tiga orang tersebut. Dengan 9 nominasi dan 2 kemenangan Oscar, film ini sudah pasti terjamin berkualitas.

Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back

Foto: Youtube.com

Ketenaran franchise Star Wars tentu tidak mengalahkan mutunya. Luke Skywalker, Han Solo, dan Darth Vader adalah sebagian dari tokoh-tokoh berkesan yang menjadi fokus film garapan George Lucas dan Irvin Kershner ini. Empire Strikes Back didanai secara pribadi oleh George Lucas dan dikerjakan tanpa bantuan studio besar manapun – sesuatu yang tidak wajar di tahun bagi industri film Amerika di tahun 1980an. Tetapi film ini tetap memiliki cerita yang menarik, plot twist terkenal, dialog cermat, dan visual effects yang tidak tanggung sebagai bukti kerja keras dan visi para pembuatnya.

2001: A Space Odyssey

Fotoo: Garethrhodes.files.wordpress.com

Film hasil penyutradaraan Stanley Kubrick ini adalah film inovatif di masanya. Visual effects bagus bukan merupakan hal yang sering ditemui pada film tahun 1960an, tapi 2001 menampilkan efek yang megah dan padu dengan kisah dan settingnya. Film ini juga lebih berkonsentrasi pada suara dan sedikit dialog untuk menyampaikan kisahnya secara unik dan patut diingat – tentang perjalanan sekelompok astronot menuju Jupiter dengan sebuah komputer bernama ‘Ha’l untuk menyelidiki kehidupan ekstraterestrial. Film ini mengangkat berbagai macam tema seperti evolusi, teknologi, artificial intelligence, hingga eksistensi kita sebagai manusia.

Nah Inspirator, itulah 5 film yang perlu kamu tonton untuk ikut menikmati dan merayakan Hari Penerbangan Internasional. Jangan lupa untuk mempelajari pesan moral dari film-film di atas dan menerapkannya dalam keseharian kita. (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here