Rahasia Lolos Seleksi Dokumen Beasiswa LPDP 2018. Kamu Wajib Tahu!

Inspirator berencana melanjutkan studi magister (S2) atau doktor (S3) dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan)? Sebelum mendaftar, ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan, lho. Kesiapan dokumen ini sangat penting karena merupakan tahapan awal seleksi beasiswa LPDP.

Nah, InspiratorFreak punya tips rahasia lolos seleksi dokumen beasiswa LPDP. Yuk, simak!

1.  Baca panduan dengan cermat

Biasakan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pendaftaran dengan cermat ya, Inspirator. Kalau ada persyaratan yang tidak kamu mengerti, segera tanyakan ke panitia, googling, atau tanya ke awardee--orang yang telah menerima beasiswa LPDP–yang bisa kamu hubungi di sosial media.

2. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan

Sebagus apa pun prestasimu, kalau ada satu dokumen saja yang tertinggal, kamu tidak akan lolos. Jadi, pastikan dokumen yang kamu butuhkan sudah siap. Oh ya, jangan sampai memalsukan data, ya!

3. Buat study plan yang memikat

Salah satu syarat supaya lolos seleksi beasiswa, kamu perlu membuat study plan yang memberikan gambaran tentang kontribusi seperti apa yang akan kamu berikan. Nah, dalam membuat study plan, kedepankan kontribusi untuk pembangunan Indonesia. Kontribusinya boleh berupa program terbaru yang belum pernah ada, atau pembaruan dari program yang sudah ada.

4. Buat esai yang to the point

Esai ini menjadi kesempatan kamu untuk menuangkan gagasan atas solusi dari permasalahan yang ada. Tulisanmu jangan bertele-tele, tapi langsung fokuskan pada inti permasalahan dan berikan solusi yang membangun.

5. Surat rekomendasi, ciptakan personal branding yang kuat

Personal branding yang kuat akan menjadi ciri yang membuat orang mudah untuk mengenalimu. Maka dari itu, ciptakan personal branding yang kuat supaya tergambar di surat rekomendasimu.

6. Jangan mendaftar secara mendadak

Saat melakukan pengisian formulir pendaftaran, lakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal seleksi ditutup. Hal ini dapat menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan lho, Inspirator.

Kalau kamu mengikuti enam tips rahasia ini, peluangmu untuk lolos di tahap awal seleksi dokumen terbuka lebar.

Nah, Inspirator sudah siap untuk mendaftar beasiswa LPDP? Jangan lupa ya, untuk segera lengkapi dokumen dan catat tanggal pentingnya. Untuk pendaftaran beasiswa LPDP dalam negeri akan ditutup pada 8 Juni 2018. Sedangkan untuk pendaftaran beasiswa LPDP luar negeri, baru akan dibuka tanggal 2 Juli 2018 dan ditutup pada 21 September 2018.

Selamat berjuang dan semoga berhasil!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here