Kamu Penderita Penyakit Maag? Ini Tips Berpuasa untuk Kamu

Photo: vemale.com

Saat berpuasa, penderita penyakit maag atau gastritis harus lebih berhati-hati supaya penyakit maagnya tidak kambuh. Untuk kamu yang menderita penyakit maag dan ingin tetap bisa berpuasa, coba perhatikan tips berpuasa bagi penderita penyakit maag berikut ini!

1. Harus tetap sahur

Jangan malas untuk sahur, ya. Dengan menyempatkan sahur, kamu mendapatkan energi untuk kembali beraktivitas dan dapat menurunkan keasaman lambung. Pilih juga menu makanan sehat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Cek makanan apa saja yang harus dihindari penderita penyakit maag.

Sebagian orang malas sahur mungkin karena enggan repot memasak ketika masih mengantuk dan meringkuk di bawah selimut jauh lebih menarik daripada makan. Kamu bisa mengurangi kerepotan menyiapkan menu sahur dengan mengintip rekomendasi lauk kering ini.

2. Jangan tidur lagi setelah sahur

Tidur setelah sahur kurang baik untuk lambung, karena membuat lambung bekerja lebih keras dan jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan peradangan pada lambung. Selain itu, tidur sehabis sahur akan membuat perutmu terasa lapar ketika bangun.

3. Hindari stres

Stres sangat berbahaya untuk lambung, karena dapat meningkatkan sekresi asam lambung dan menipiskan lapisan pelindung dinding lambung. Maka dari itu, hindari hal-hal yang dapat memicu stres dan cari kegiatan menyenangkan.

4. Hindari minuman mengandung gas

Penderita penyakit maag memang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman yang dapat memicu kenaikan asam lambung seperti teh, kopi, susu, minuman bersoda, dan sebagainya. Supaya puasamu berjalan lancar dan baik-baik saja, perbanyak minum air putih sesuai kebutuhan tubuhmu, ya.

Katanya, minum air putih harus delapan gelas sehari–mitos atau fakta, ya?

5. Menyegerakan buka puasa

Saat waktu berbuka tiba, segerakan berbuka. Ambil makanan dalam porsi-porsi kecil, jangan makan dalam porsi besar sekaligus. Hindari juga makan berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Penderita penyakit maag tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman kalau memperhatikan tips-tips di atas. Beritahu keluarga atau kerabatmu yang menderita penyakit maag ya, Inspirator. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here